tidur setelah makan malam? TERNYATA BISA BIKIN ......

tidur setelah makan malam? TERNYATA BISA BIKIN ......

Apa yang akan pertama kali kita rasakan setelah makan? Pasti banyak orang yang akan menjawab rasa kantuk. Perut yang kenyang memang bisa membuat kita merasa nyaman sehingga ingin segera tertidur. Namun, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tetap terjaga selama beberapa saat agar perut bisa mencerna makanan terlebih dahulu dengan baik sebelum benar-benar tidur. Jika kita langsung tertidur, maka kita bisa mengalami dampak kesehatan seperti sebagai berikut.

  • Kenaikan berat badan
Dampak paling utama dari kebiasaan langsung tidur setelah makan malam tentu saja adalah kenaikan berat badan. Jika kita kerap melakukannya, resiko untuk terkena obesitas pun meningkat. Hal ini disebabkan oleh proses pencernaan tidak akan berjalan dengan sempurna sehingga tubuh pun akan menumpuk lemak dalam jumlah yang lebih banyak. Jika kita juga termasuk jarang melakukan aktifitas fisik untuk membakar lemak tersebut, maka berat badan pun akan naik dengan signifikan.
  • Asam lambung naik
Kebiasaan langsung tidur setelah makan malam ternyata juga bisa membuat asam lambung naik. Hal ini terjadi karena setelah makan kita langsung dalam posisi berbaring. Posisi ini ternyata bisa membuat asam lambung yang ada untuk mencerna makanan justru naik ke bagian kerongkongan. Alhasil, perut, dada, atau bahkan tenggorokan bisa terasa sakit dan kita justru akan sulit untuk terlelap dengan nyenyak.
  • Diabetes
Langsung tidur setelah makan malam akan membuat lemak semakin menumpuk di dalam tubuh. Hal ini ternyata bisa berimbas pada meningkatnya resiko terkena diabetes. Tak hanya itu, penumpukan lemak juga bisa memicu penyumbatan pembuluh darah dan tentu membuat kita lebih beresiko terkena serangan jantung.
Pakar kesehatan sendiri menyarankan kita untuk memberikan jeda setidaknya 4 jam sebelum tidur agar makanan benar-benar bisa dicerna oleh perut. Jika perlu, kita juga bisa melakukan olahraga ringan 20 menit setelah makan malam demi membantu pembakaran kalori sekaligus membuat tidur menjadi lebih nyenyak.



sumber / source : http://doktersehat.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar