7 Fakta Unik Seputar Tidur dan Mimpi

7 Fakta Unik Seputar Tidur dan Mimpi

Kata orang, mimpi adalah bunga tidur. Ya, mimpi terjadi saat kita tidur sehingga mimpi sangat erat kaitannya dengan tidur. Banyak sekali misteri yang berkaitan dengan tidur dan mimpi yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Ingin tahu apa saja fakta seputar tidur dan mimpi? Cari tahu di sini.

1. Anda tidak bisa ‘membalas’ waktu tidur Anda
Jika merasa , banyak orang ‘membalas’ waktu tidur yang kurang tersebut dengan tidur lebih lama di lain waktu. Tapi, sebenarnya ini tidak bisa. Waktu tidur yang kurang tidak bisa ‘dibayar’. Tidur lebih lama merupakan suatu hal yang sia-sia. Orang dewasa umumnya membutuhkan tidur malam selama 7-9 jam untuk hasil kinerja, kesehatan, dan keselamatan yang optimal.

2. Otak tidak beristirahat saat tidur
Saat tidur, organ otak Anda tetap bekerja. Otak akan mengisi energinya kembali saat Anda  dan masih mengontrol banyak fungsi tubuh. Buktinya, Anda masih bisa bernapas saat tidur dan Anda bisa bermimpi saat tidur.

3. Anda perlu melewati berbagai fase tidur untuk bermimpi
Tidur memiliki banyak fase, mulai dari fase non-REM sampai fase REM (rapid eye movement). Biasanya hal ini terjadi selama sekitar 90 menit sampai pada fase REM. Fase non-REM adalah fase di mana Anda baru mulai ingin tidur, saat Anda mengantuk dan Anda masih dengan mudah terbangun. Sedangkan fase REM adalah fase ketika Anda sudah tidur nyenyak dan lebih sulit terbangun. Pada fase REM inilah Anda biasanya bermimpi.

4. Pada umumnya, mimpi sulit untuk diingat
Pada saat Anda mimpi, yaitu selama fase REM saat Anda tidur dengan lelapnya, tubuh dapat mematikan sistem di otak yang bertanggung jawab untuk menciptakan kenangan. Hal ini mungkin membuat Anda sulit untuk mengingat mimpi. Biasanya Anda mungkin hanya dapat mengingat mimpi terakhir Anda sebelum Anda bangun tidur. Ini wajar, karena sebelum bangun fungsi bagian otak tertentu telah diaktifkan kembali,
Lagipula, jika Anda bisa mengingat setiap detil mimpi Anda, mungkin ini akan menyulitkan kehidupan Anda. Anda menjadi tidak bisa membedakan antara mimpi dan kejadian nyata. Namun, sebenarnya kita bisa mengingat kembali mimpi di kemudian hari.

5. Namun, kondisi seperti ini membuat mimpi lebih mudah diingat

Sebenarnya, mimpi tidak benar-benar kita lupakan. Mimpi dapat disimpan dalam ingatan kita dan kita bisa mengingatnya kembali. Hanya saja kita tidak tahu bagaimana untuk mengakses mimpi lagi. Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat memengaruhi kemampuan Anda dalam mengingat mimpi:
  • Anda bangun tanpa alarm. Kemungkinan Anda lebih besar untuk mengingat mimpi jika Anda bangun secara alami tanpa bantuan alarm.
  • Anda sengaja ingin mengingat mimpi Anda. Sebelum tidur, Anda mengingatkan diri Anda sendiri untuk mengingat mimpi Anda. Anda lebih mungkin untuk mengingat mimpi terakhir Anda pada pagi hari.
  • Mengingat mimpi Anda lagi. Anda akan lebih mudah mengingat mimpi Anda di lain waktu, bukan setelah Anda bangun tidur.
6. Orang yang Anda lihat dalam mimpi pernah Anda lihat di kehidupan nyata


Mungkin Anda pernah bermimpi bertemu orang yang belum pernah Anda kenal atau tidak pernah Anda lihat sebelumnya. Lalu, Anda bertanya-tanya, siapa dia? Apakah dia hantu? Ah, itu sepertinya hanya pikiran Anda saja. Sebenarnya orang-orang yang Anda temui dalam mimpi adalah orang-orang yang selama ini Anda kenal atau pernah Anda lihat sebelumnya.
Walaupun, mungkin Anda tidak mengingat hal itu, tapi otak Anda mengingatnya dan memunculkannya dalam mimpi Anda. Berdasarkan jurnal Trends in Cognitive Sciences, ada bukti yang menunjukkan bahwa terdapat area pada otak yang sangat aktif selama tidur REM yang juga bertanggung jawab pada pengenalan wajah.

7. Orang tuna netra bermimpi bukan berdasarkan penglihatannya

Pernahkah Anda bertanya bagaimana orang tuna netra bermimpi? Apakah sama dengan orang normal? Orang dengan tuna netra sejak kecil tetap bisa bermimpi, tapi tidak berdasarkan indera penglihatan. Mimpi mereka bergantung pada indera lainnya, yang selama ini dapat mereka rasakan. Namun, orang tuna netra yang sebelumnya dapat melihat masih dapat mengalami mimpi dengan gambar visual berdasarkan apa yang pernah mereka lihat.






sumber / source : https://hellosehat.com

Tags :

1 komentar: