7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

7 Cara Mencegah Kanker yang Bisa Kamu Lakukan Mulai Sekarang

Kanker adalah penyakit mematikan yang paling ditakutkan oleh semua orang karena merupakan pembunuh nomer 2 setelah penyakit jantung. Kanker dapat terjadi karena berbagai macam faktor, seperti gaya hidup yang tidak sehat, polusi, radiasi sinar matahari, dan lain sebagainya. Tak ada yang bisa memastikan apakah dirinya bisa bebas dari ancaman kanker atau tidak.
Di zaman sekarang ini rasanya risiko penyakit kanker semakin tinggi karena banyaknya makanan instan yang sering kita konsumsi. Meskipun risiko penyakit kanker semakin tinggi, ada beberapa hal lho yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya. Apa saja? Yuk, simak!

1. Konsumsi Baby Aspirin

Obat-obatan
Baby aspirin biasanya mengandung ¼ dari dosis aspirin untuk orang dewasa atau sekitar 81 mg (dosis orang dewasa 325 mg). Untuk penggunaan setiap hari, konsumsilah 81 mg. Penelitian menunjukkan jika kebiasaan tersebut bisa mengurangi resiko terkena berbagai macam kanker, termasuk berkurangnya resiko terkena kanker usus hingga 50%. Hal itu terjadi karena dengan mengkonsumsi aspirin, inflamasi, yang merupakan salah satu faktor yang bisa memicu kanker, dapat dikurangi. Namun hal ini juga bisa meningkatkan perdarahan saluran cerna, sehingga tidak dianjurkan untuk mereka yang banyak mengkonsumsi alkohol, menderita maag, dan sedang mengkonsumsi obat pembeku darah.

2. Ikut KB Hormonal

Kb hormonal
Pil kontrasepsi dapat mengurangi resiko kanker ovarium dan endometrium hingga 50% setelah 5 tahun penggunaan. Untuk jangka yang lebih panjang, IUD Mirena bisa menjadi pilihan karena mengandung progesterone yang bisa mencegah kehamilan, sekaligus menurunkan resiko kanker endometrium.

3. Lakukan Kegiatan Yang Memicu Kreativitas

Memasak
Kamu bisa mengikuti kursus memasak, berkebun, membuat gerabah, melukis, dan lain sebagainya karena kegiatan semacam ini selain memicu kreatifitasmu, juga menyediakan tempat untuk bersosialisasi. Salah satu studi yang mempelajari kanker payudara menemukan bahwa wanita yang paling aktif memiliki kemungkinan sembuh lebih besar. Penelitian lainnya juga memperlihatkan bahwa pasien kanker yang mendapat dukungan sosial lebih besar juga memiliki kesempatan lebih banyak untuk sembuh. Jadi, sediakan waktu setiap hari untuk hal-hal kreatif yang kamu sukai.

4. Kurangi Daging

Daging
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa protein hewani bisa meningkatkan resiko kanker, terutama kanker usus. Perbanyaklah protein nabati yang bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan dan biji-bijian. Batasi juga konsumsi protein hewani 1 kali saja dalam sehari, terutama daging olahan yang resikonya lebih tinggi.

5. Cukup Tidur

Tidur
Beberapa studi membuktikan jika kurang tidur dapat memperbesar resiko terkena kanker tertentu, seperti kanker payudara. Salah satu teori menyatakan jika tekanan pada melatonin di malam hari akan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Hal itu tidak akan terjadi kalau kamu tidur setidaknya 7 jam setiap malam.

6. Latihan Kardio

Kardio
Kegiatan atau latihan yang bisa meningkatkan denyut jantung mampu membakar kalori dan menurunkan berat badan secara efektif. Dengan melakukan jogging, renang, bersepeda, dan latihan kardio lainnya, kadar insulinmu akan menurun. Faktor-faktor lain yang bisa melindungi kita dari kanker pun meningkat. Kamu bisa mengkombinasikan latihan kardio 2,5 jam setiap minggunya.

7. Cukup Vitamin D

Aktivitas di luar ruangan
Kurang vitamin D bisa memicu berbagai macam kanker, jadi pastikan kamu mengkonsumsi cukup vitamin D. Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan vitamin D yang cukup adalah dengan melakukan aktivitas di luar ruangan setiap hari. Kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen, namun berkonsultasilah dahulu dengan dokter.

Nah, itulah cara mencegah kanker yang bisa kamu lakukan mulai dari sekarang, ladies and gentlement. Yuk, jalani hidup sehat!




sumber/ source: https://kawaiibeautyjapan.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar