5 Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambutmu

5 Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambutmu

Perawatan kulit adalah suatu hal rutin yang harus dilakukan oleh wanita untuk menjaga kulitnya. Hal ini karena kulit yang dirawat sedari dini akan berdampak ketika nanti di masa tua. Kamu tentunya mau kan untuk tetap memiliki kulit awet muda ketika tua nanti. Banyaknya produk perawatan kulit yang dijual di pasaran tidak semuanya cocok untuk kulitmu, ditambah efek kimianya yang bisa berbahaya terhadap tubuh.
Jika kamu memang takut dengan bahan kimia dari produk kimia, tidak ada salahnya untuk menggunakan produk alami yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Salah satu bahan yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan kopi. Tidak sulit untuk dicari bukan? Tidak hanya selain untuk merawat kulit, kamu juga bisa memakainya untuk rambut lho. Yuk, simak cara pembuatannya, ladies!

5 Cara Memanfaatkan Kopi untuk Perawatan Kulit dan Rambutmu

Kopi
Yuk, rawat kulit dan rambutmu dengan menggunakan kopi !

1. Masker Wajah

Buat masker wajah untuk kulitmu dengan menggunakan kopi bisa meremajakan kulit dan membuat kulit agar cerah sepanjang hari. Dipenuhi dengan antioksidan sehingga membantu untuk mengurangi racun pada tubuhmu.
Bahan yang diperlukan:
  • 2 sdm kopi
  • 2 sdm bubuk coklat (cocoa powder)
  • 3 sdm susu atau yogurt
  • 1 sdm madu
Cara Membuatnya:
Campur semua bahan-bahan tersebut dan aplikasikan ke wajah secara tipis ke seluruh bagian. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.

2. Lulur Wajah

Jika kamu mencari eksfoliasi yang bagus, kamu bisa mengunakan kopi yang kamu buat secara alami. Lulur wajah dengan kopi dapat mengangkat sel kulit mati dan memproduksi sel kulit baru sehingga membuat wajah tampak lebih cerah.
Bahan yang dibutuhkan:
  • 3 sdm kopi
  • 1 sdm minyak zaitun atau minyak kelapa
  • 1 sdm gula merah
Caranya:
Campur semua bahan tersebut, tambahkan minyak, kemudian aplikasikan ke seluruh wajah. Pijat secara perlahan dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air bersih.

3. Membuat Rambut Mengkilap

Siapa sangka kopi bisa membuat rambutmu menjadi berkilau dan sehat. Kopi mengandung antioksidan sehingga dapat membuat folikel rambut untuk tumbuh, sehingga nantinya rambut cepat panjang dan kuat.
Bahan yang dibutuhkan:
  • Kopi
  • Air
Caranya:
Campurkan kopi dan air. Kemudian aduk sebentar dengan menggunakan air hangat. Tuang campuran tersebut ke kulit kepala, kemudian tutup bagian kepala dan rambut dengan menggunakan shower cap. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

4. Lulur Tubuh untuk Menghilangkan Selulit

Kopi juga memiliki manfaat untuk menghilangkan selulit dalam penggunaannya untuk lulur. Bahan yang dikandung kopi dapat mengurangi selulit yang terlihat dan penggunaan minyak kelapa dapat membuat kulit menjadi lembap dan terasa lembut.
Bahan yang dibutuhkan:
  • 1 gelas kopi
  • 1/2 gelas gula putih ataupun gula merah
  • 1 gelas minyak kelapa
Caranya:
Campur semua bahan tersebut dalam wadah. Setelah kamu sabunan, pijat tubuhmu dengan scrub tersebut pada kulit kamu yang lembap selama sekitar 1 menit dan usapkan pada bagian selulit, kemudian bilas dengan air bersih.
5. Lulur Seluruh Tubuh
Menggunakan kopi untuk lulur dapat membuat kulit menjadi lebih sehat. Kandungan kafeinnya dapat mengurangi minyak pada tubuh dan membuat kulit menjadi tampak lebih cerah. Teksturnya yang kasar dapat mengangkat kulit mati dan membuat kulitmu menjadi lebih lembut.
Bahan yang dibutuhkan:
  • 1/2 gelas kopi
  • 1/2 gula kelapa
  • minyak kelapa
  • 1 sdt kayu manis

Caranya:

Campur semua bahan dalam satu wadah. Jika minyak kelapa sudah menjadi padat, lelehkan hingga mencair. Setelah semuanya tercampur, aplikasikan ke seluruh bagian tubuh untuk mengeksfoliasi seluruh bagian tubuh kamu dengan merata.
 

Bagaimana, ladies? Tidak sulit kan untuk melakukan perawatan kulit dan rambut menggunakan kopi tersebut? Selamat mencobanya!



sumber/ source : kawaiibeautyjapan.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar