TERNYATA 7 Buah yang Memiliki Kandungan Gula Sangat Tinggi

TERNYATA 7 Buah yang Memiliki Kandungan Gula Sangat Tinggi


Para ahli gizi banyak merekomendasikan kita untuk selalu mengkonsumsi buah agar kebutuhan nutrisi dan vitamin tubuh dapat terpenuhi. Namun, beberapa buah-buahan diketahui memiliki kandungan gula yang tinggi.

Mengkonsumsi terlalu banyak gula berhubungan dengan kenaikan berat badan dan berbagai gangguan kesehatan seperti kegemukan, diabetes tipe II, dan penyakit jantung. 

Berdasarkan American Heart Association (AHA), jumlah maksimum dari gula olahan yang sebaiknya anda konsumsi dalam satu hari adalah sebagai berikut: Pada pria, batas konsumsi gula dalam sehari adalah 150 kalori per hari (37,5 gram atau 9 sendok teh). Sedangkan bagi Perempuan batas konsumsi gula dalam satu hari adalah 100 kalori per hari (25 gram atau 6 sendok teh).

1. Nanas


sumber : merdeka.com

Berdasarkan standar saran penyajian buah (150 gram), satu porsi nanas potong segar mengandung 15 gram gula, 19 gram karbohidrat, dan 100 kcal energi.
Nanas diketahui merupakan buah rendah kolesterol dan lemak jenuh. Selain itu, nanas adalah sumber yang baik akan thiamin, vitamin B6, tembaga, vitamin C, dan manganese.

2. Apel

sumber : kidnesia.com

Setiap 150 gram saran penyajian, satu porsi apel segar mengandung 16 gram gula, 21 gram karbohidrat, dan 78 kcal.
Apel merupakan buah yang kaya akan antioksidan, seperti flavanoid, dan serat. Fitonutrien dan antioksidan dalam apel dapat membantu mengurangi risiko pengembangan kanker, hipertensi, diabetes, dan penyakit jantung.

3. Pisang

sumber : obatjamkho.com

Setiap pisang memiliki berat 150gr saran penyajian, satu porsi pisang memberikan anda asupan gula sebesar 18,5 gram dengan takaran sebesar 134kcal, dan 35gram karbohidrat. Pisang merupakan sumber protein , vitamin B6, manganese, kalium , serat, biotin, dan magnesium yang baik

4. Mangga

sumber : pertanianku.com

Satu porsi mangga segar memiliki kandungan gula hingga 24 gram, 107 kcal energi, dan 28 gram karbohidrat per 150 gram saran penyajian. Akan tetapi, mangga dapat memenuhi sepertiga kebutuhan asupan vitamin A harian anda.

5. Delima

sumber : sarankesehatan.com

Satu porsi buah delima segar memiliki kandungan gula sebesar 21 gram, 15 gram karbohidrat, dan kalori sebesar 125 kcal per 150 gram saran penyajian buah. Satu buah delima utuh berukuran sedang memiliki kandungan gula sebanyak 38 gram.
Namun begitu, buah delima rendah lemak jenuh, kolesterol, dan sodium. Delima juga merupakan sumber serat dan folat yang baik, serta tinggi vitamin C dan K.

6. Anggur

sumber : khasiat.co.id


Berdasarkan standar saran penyajian buah (150 gram), satu porsi anggur hijau mengandung 12 gram gula, karbohidrat sebanyak 27 gram, dan banyak kalori mencapai 104/kcal.
Sementara itu, satu porsi anggur merah red globe segar mengandung gula sebanyak 25 gram gula, dengan nilai kalori mencapai 120 kcal dan karbohidrat sebanyak 28 gram, per 150 gram saran penyajian. Akan tetapi, anggur merah kaya akan sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dalam tubuh.

7. Leci

sumber : http://spirit.web.id

Dengan kandungan gula hingga 29 gram per 150 gram saran penyajian, buah leci segar menempati peringkat pertama sebagai buah yang memiliki kandungan gula tertinggi.
Bagaimana dengan leci kalengan? Leci kalengan yang direndam dalam sirup gula tentu mengandung jumlah gula dan karbohidrat yang lebih tinggi daripada jenis leci kalengan yang direndam dalam ekstrak buah leci asli, apalagi jika dibandingkan dengan leci segar. Kandungan nutrisi secara keseluruhan dari leci kalengan akan bergantung pada setiap merek yang berbeda, dan juga pada bahan-bahan lain yang terlibat di dalamnya.
Akan tetapi, leci juga mengandung 135 miligram kalsium, yang lebih dari cukup untuk memenuhi angka rekomendasi asupan harian Anda, yaitu 75 miligram per hari.
Anda tidak perlu khawatir mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung kadar gula alami yang tinggi, dengan porsi yang cukup dan sesuai dengan standar saran penyajian buah 150 gram, maka Anda akan tetap aman dan terhindar dari gangguan kesehatan seperti kegemukan, diabetes tipe II, dan penyakit jantung.




sumber : liputan6.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar