Sering Kesepian di Malam Hari? Ada Alasan Ilmiah di Balik Hal Ini Lho

Sering Kesepian di Malam Hari? Ada Alasan Ilmiah di Balik Hal Ini Lho

Seharian sekolah, main, dan ketemu banyak orang. Kemudian, kamu pulang ke rumah dan merasa sendiri karena masih jomblo. Namun, kenapa rasa kesepian itu selalu muncul di malam hari ya?
Menurut Amy Banks, seorang psikiater dan pendiri komunitas Jean Baker Miller Institute di Wellesley College, kondisi tubuh yang telah menurun membuat kamu lebih peka pada emosi negatif yang menyerang pikiran kamu.
Banks yang juga menulis buku Wired to Connect menjelaskan bahwa kesepian nggak melulu karena kamu nggak memiliki pasangan, tetapi lebih kepada kondisi nggak terhubung dengan siapa pun.
“Memiliki sahabat dan keluarga yang hangat bisa membuat hidup kamu lebih berarti, meskipun kamu tak memiliki pasangan,” terang Banks, dikutip dari Kompas.com.
Kesepian, kata Banks, terjadi karena tiga penyebab. Ini dia tiga sumber kesepian di malam hari:

1. Emosi zest
Pertama, kamu nggak merasakan bentuk emosi bernama zest, yakni energi yang menyala dalam tubuh kamu ketika membicarakan topik menarik dan lucu dengan sahabat atau keluarga.

2. Nggak pede
Kedua, kamu terjebak dalam kondisi nggak percaya diri terhadap lingkungan sekitar. kamu nggak mempercayai teman dan hubungan yang nggak lagi membuat kamu bersemangat.

3. Nggak menilai diri dengan baik
Ketiga, kamu nggak menilai diri sendiri dengan baik dan tinggi. Ketidakhadiran tiga hal itu menciptakan sela kosong dalam hati yang membebani pikiran kamu sehingga kamu pun merasa kesepian dan semakin tersiksa saat malam datang.
Banks menjelaskan rasa kesepian nggak dicetuskan karena nggak memiliki pacar, tetapi lebih kepada nggak memiliki sahabat, rekan yang inspiratif, dan keluarga yang menjadi sistem pendukung keseluruhan hidup kamu.


Sumber: www.hai-online.com

Tags :

2 komentar: