[Wajib Tau] 7 Bahaya Mandi di Malam Hari!

[Wajib Tau] 7 Bahaya Mandi di Malam Hari!

Siapa disini yang kebiasaan mandi diatas jam 9 malam?? Sering kali gara-gara lembur di kantor, mandi pun jadi ikut kemaleman. Atau lebih parahnya lagi, banyak orang yang menunda waktu mandinya bukan karena sibuk beraktifitas, tapi karena mager. Parah... Mungkin kamu sendiri udah tau apa dampak negatifnya bagi kesehatan, tapi tanpa disadari masih sering diabaikan. Dampak negatifnya ga akan dirasakan sih saat ini, tapi seiring dengan pertambahan usia, efek negatifnya tersebut akan mulai bermunculan. Simak potensi bahaya jika kamu terus-terusan menganggap remeh langgaran mandi di malam hari!

1.      Masuk Angin
Source : obatmasukangin.org
Ini dia masalah yang paling sering dialami kebanyakan orang. Meskipun masuk angin kedengarannya sepele, tapi tetap saja kalau dibiarkan, kamu akan demam. Masuk angin akan lebih berpotensi kalau mandi di malam hari dengan kondisi suhu tubuh yang masih panas.

2.      Rematik
Source : RS Pantai Indah Kapuk
Rematik adalah peradangan sendi yang mengakibatkan penderitanya merasakan nyeri pada persendian. Memang penyakit ini tergolong tidak berbahaya. Tapi kalau persendian sudah nyeri dan kaku, tidak akan bisa disembuhkan, hanya bisa dikontrol. Jika kamu terpaksa harus mandi di malam hari, disarankan untuk mandi air hangat untuk mengurangi rasa sakit pada persendian.

3.      Nyeri otot
Photo Source : Intisari Online
Ga sedikit dari orang – orang yang mandi di malam hari mengalami rasa nyeri pada otot. Hal ini disebabkan karena dinginnya air di malam hari yang masuk ke tubuh melalui pori – pori tubuh dan berimbas pada ngilu di otot – otot tubuh.

4.      Penuaan Dini
Photo Source : Web Kesehatan
Ini nih yang paling ditakutkan sama perempuan. Pada malam hari, tubuh tidak kuat untuk menerima rangsangan air dingin saat kita mandi. Hal ini mengakibatkan metabolisme tubuh terganggu dan menyebabkan kulit menjadi keriput.

5.      Paru – Paru Basah
Photo Souce : Aku Harus Tau
Suhu dingin di malam hari ditambah dengan mandi dapat menyebabkan paru – paru basah. Benarkah? Sebenarnya hal ini hanya mitos yang beredar di masyarakat. Namun untuk cari aman, perhatikan suhu air yang kamu gunakan untuk mandi. Suhu air normal yang dapat diterima tubuh adalah sekitar 29-30 derajat Celcius.

6.      Asam Urat
Photo Source : KlikDokter
Potensi terserang asam urat terjadi karena faktor air mandi yang menjadi semakin sejuk di malam hari. Dinginnya air menyebabkan persendian menjadi kaku dan berpotensi untuk memperberat rasa ngilu serta sakit pada persendian.

7.      Metabolisme Terganggu
Photo Souce : Lihat.co.id
Suhu tubuh manusia cenderung mulai melemah pada malam hari sehingga pada jam malam, tubuh membutuhkan istirahat. Jika kita mandi di malam hari, maka pori – pori akan terbuka dan air mulai masuk ke tubuh yang akhirnya berpotensi menyebabkan gangguan hormon.

Bagaimanapun caranya, hindari untuk mandi di malam hari ya sobat Evoucher, terlebih dengan air yang suhunya dingin. Namun jika memang terpaksa, kamu bisa memilih mandi dengan air hangat. Semoga bermanfaat! ;)

Information Source : HaloSehat.com
Photo Source : Dokter Sehat

Tags :

21 komentar:

  1. Memang benar begitu adanya. Sebaiknya jika terpaksa mandi malam, usahakan jangan langsung tidur.

    BalasHapus
  2. Kalo karena efek air yg dingin, itu bisa jadi mitos krn bagaimana dgn orang yg di daerah dingin ? Tapi kalo krn tubuh butuh istirahat bisa jadi timbul efek lainnya .ok.

    BalasHapus
  3. kalo titik saraf lancar. mah tidak apa apa..

    BalasHapus
  4. Kalau mandi dibawah jam 9 malam,seperti mandi jam 7/8 malem apa terkena penyakit juga...???

    BalasHapus
  5. Rasax lw mandi mlm" kayak batu es hahahaha

    BalasHapus
  6. Intinya clo fisik lgi fit gpp

    BalasHapus
  7. Semua bener
    tapi kalo mandi pake air anget gpp kali ya

    BalasHapus
  8. Jika terpaksa mandi mlm"..ya jangan mandi air dingiiiinn..mandi air hangatlaahh...

    BalasHapus
  9. Buat jaga" otot dan persendian ya sebaiknya dikurangi aja mandi malam nya ....ok....

    BalasHapus
  10. Kalau yang dipermasalahkan adalah dinginnya air pada waktu malam, lalu bagaimana dengan negara yang suhu/iklimnya rata-dingin atau sejuk dimana airnya selalu dingin dan tidak tiap kali mereka mandi dengan air panas. Di Indonesia, Sebenarnya sih mandi saat malam hari tidak berpengaruh apapun selama kondisi dan metabolisme tubuh fit dan prima. Bila tidak demikian, memang sebaiknya mandi dengan air hangat dengan konsekuensi setelah mandi akan terasa kedinginan sementara. Ini pun bisa terjadi pada saat kondisi tubuh atau metabolisme tubuh kurang bagus.

    BalasHapus
  11. Baru tau kalo mandi malem bisa bikin paru paru basah....

    BalasHapus
  12. Kalau gw mandi pake air panas 45°C

    BalasHapus
  13. Masa sih, sy br dpt penjelasan dr dokter ga apa2, klo ada rasa nyeri itu krna terjadi perubahan suhu pd tubuh ki yg sensitif pd benda dingin

    BalasHapus
  14. ini mah sama aja nyuruh orang mandi pake air hangat
    sama aja alahhh...

    BalasHapus
  15. kata ipin&upin..
    betul..betul.betull..

    BalasHapus
  16. Mandi yang bagus itu sebelum jam 5 sore sobat, bagi yg bekerja sif siang mending mandi di di tempat kerja masing, pasti lbh sehat

    BalasHapus
  17. Kalau benar bahaya nih... Saya mandi malam terus..

    BalasHapus