Ternyata! Makanan Sehari – Hari Ini Yang Memicu Bau Badan Jadi Tak Sedap

Ternyata! Makanan Sehari – Hari Ini Yang Memicu Bau Badan Jadi Tak Sedap


Masalah bau badan adalah faktor yang berperan cukup besar dalam menurunkan kepercayaan diri seseorang. Selain ga nyaman, masalah ini juga bisa aja bikin kita di cap sebagai orang yang beraroma kurang sedap dan di hindarin sama orang – orang di sekitar. Meskipun banyak beredar produk parfum dan deodoran yang diklaim bisa menghilangkan bau badan, tetap aja hasilnya kurang memuaskan. Masalah ini ternyata ga hanya timbul karena gaya hidup yang males mandi, tapi juga makanan – makanan yang mungkin kamu makan tiap hari. Simak!
1.   Daging Merah
Photo Source : Pinterest
Daging merah memang menjadi sumber protein tinggi, tapi waspadalah. Daging yang satu ini rupanya menjadi salah satu penyebab bau badan dan produksi keringat berlebih. Hasil penelitian di Ceko pada tahun 2006 menyimpulkan, bau badan orang yang tidak makan daging ini selama 2 minggu akan lebih baik daripada mereka yang mengkonsumsinya setiap hari. Mengapa bisa demikian? Sebagai daging yang kaya protein, bahan makanan ini juga rupanya sangat sulit dicerna oleh tubuh sehingga sisa kandungan asam amino yang tak terpakai akan bercampur dengan keringat dan menghasilkan bau badan yang luar biasa tak sedap.

2.   Kafein
Photo Source : Pinterest
Kalau kamu merupakan salah satu orang yang punya masalah bau badan & gemar minum kopi setiap hari, sepertinya kamu harus mulai mengurangi kebiasaan tersebut. Kafein tak hanya membantu kamu buat semangat bekerja dan menahan kantuk, namun juga bikin nafas kamu bau. Kandungan ini akan membuat mulut peminumnya jadi kering serta menghambat produksi air ludah. Padahal, air ludah punya peran yang sangat penting buat membersihkan sisa makanan di mulut, gigi, dan membunuh bakteri yang menjadi penyebab bau mulut. Nah, kalau produksi ludah kamu ga cukup, kebayang kan bakteri penyebab baunya segimana banyak?

3.   Kari
Photo Source : Pinterest
Lezat sih, tapi hati – hati kalau badan kamu tiba – tiba bau sehabis makan itu. Campuran dari bumbu – bumbu herbal, kunyit, hingga cabai pedas akan menciptakan aroma yang luar biasa kuat dan ga akan cepat hilang. Coba aja kamu buktikan sendiri dengan mencuci panci bekas masak kari. Walaupun udah disabunin pakai berbagai macam merek pencuci piring, baunya akan selalu abadi. Hal yang sama juga akan terjadi pada tubuhmu. Aromanya yang mencengangkan akan bertahan karena menguap dari pori – pori kulitmu dan bergabung bersama keringat sehingga muncullah si bau badan.

4.   Bawang Putih
Photo Source : Pinterest
Jenis umbi yang satu ini sungguh luar biasa. Tak hanya badan yang bisa dibikin bau, namun juga mulut! Mau di iris, di potong – potong, sampai ditumbuk pun, bawang putih akan menghasilkan Allicin yang menyebabkan munculnya aroma ‘sungguh’ tak sedap bila bercampur dengan keringatmu. Selain itu, aroma yang khas dari bawang putih juga akan menginap lama di mulutmu. Supaya aromanya bisa buruan minggat dari tubuh, gunakan deodoran atau minum teh hijau dan lemon sehabis makan.

5.   Seafood
Photo Source : Pinterest
Taukah kamu, meskipun enak dan bikin goyang lidah, mengkonsumsi seafood bisa menimbulkan masalah, salah satunya adalah Fish Odor Syndrom alias aroma ikan yang memenuhi sekujur tubuh. Sindrom ini terjadi karena tubuh tidak mampu mencerna & mengurai zat trimethylamine yang menyebabkan aroma ikan muncul pada napas, keringat, hingga air seni!

6.   Permen Karet
Photo Source : Pinterest
Sama halnya dengan kopi, permen karet juga bisa bikin bau mulut kamu makin berulah. Selalu menjadi teman di kala gigi sedang bosan, kudapan ini juga tak jarang dijadikan obat untuk menyamarkan aroma makanan yang menyengat. Memang sih, mengunyah permen karet mint bisa bikin nafas kamu makin clean, tapi ingat setelah efek mint nya hilang, permen karet justru akan membuat bau mulutmu semakin menjadi – jadi. Permen karet yang umumnya mengandung pemanis buatan dan karbohidrat ini akan meninggalkan bakteri di permukaan lidah & gigi yang memicu munculnya nafas tak sedap. Selain itu, pemanis buatan juga sangat sulit dicerna sehingga mengakibatkan usus besarmu harus bekerja lebih giat dan hasilnya, kamu jadi sering buang angin.

7.   Susu
Photo Source : Pinterest
Termasuk minuman yang menyehatkan, ternyata susu juga menjadi salah satu pelaku yang menyebabkan bau tak sedap. Kalau kamu suka mengkonsumsi susu setiap hari, alangkah baiknya untuk sering sikat gigi dan mandi setelahnya. Walaupun susu mengandung protein yang tinggi, bila kamu konsumsi secara berlebihan akan menyebabkan keluarnya hydrogen sulfide melalui keringat sehingga bikin badan bau. Hal ini akan jadi lebih parah kalau yang minum adalah seseorang  dengan lactose intolerant yang produksi enzim Lactase nya tak maksimal karena akan membuat dia sering buang angin dengan aroma yang luar biasa ga sedap.
Rasanya hidup tak berarti kalau makanan – makanan di atas tak kita makan sama sekali. Tapi jangan khawatir, kita masi punya alternatif lain untuk menutup bau – bau tersebut seperti menyemprot parfum, pakai deodoran, dan makan permen mint biar bau kamu semakin wangi dan tambah percaya diri.

Information Source :
HIPWEE
Cover Photo Source :
54Health.com

Tags :

14 komentar:

  1. Terus harus makan apa? Semia yang enak dilarang

    BalasHapus
  2. Gausah makan aja kali ye, biar ga bau wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebaiknya, kita makan buah-buahan saja,selain tidak akan menimbulkan bau badan, kita juga pasti sehat 😀😀😀

      Hapus
  3. Thanks... Memang smua makann musti ada dampak baik serta buruknya..
    Ttapi kbanyakan dampak baiknya ko....

    BalasHapus
  4. Thanks... Memang smua makann musti ada dampak baik serta buruknya..
    Ttapi kbanyakan dampak baiknya ko....

    BalasHapus
  5. Yang bikin bau adalah jengkol..
    Tpi ada obatnya supaya tidak bau jengkol
    Caranya habis makan jengkol..makan pete pasti gak bau jengkol lagi.. tpi jadi bau pete.. wkkk

    BalasHapus
  6. Kalau gitu, makan minumnya sambil pake parfum aja deh 😄😄😄

    BalasHapus
  7. Masih ada yg ketinggal,perokok jg bau loh,bahkan sangat luarbiasa bau

    BalasHapus
  8. Makan kapas Jo dang. (Artikel nggak berbobot)

    BalasHapus
  9. Makan kapas Jo dang. (Artikel nggak berbobot)

    BalasHapus
  10. Ada juga yang lebih bauk. Yakni makan temen. Baunya busuk sekaleee

    BalasHapus
  11. Ada yg gak cocok....tergantung7 masing2 orang

    BalasHapus
  12. Makan temen aja biar gak bau 😂

    BalasHapus