STOP Makan Kentang Goreng Sekarang Juga, Atau...

STOP Makan Kentang Goreng Sekarang Juga, Atau...



Kentang goreng, makanan yang satu ini memang selalu dijadikan teman makan saat lagi di restoran cepat saji khas Amerika. Karena kelezatannya yang mengoyang lidah dan bikin ketagihan, kentang goreng dinobatkan sebagai makanan pendamping terfavorit di segala kalangan.

Tapi, mari berpikir dua kali sebelum menyantap makanan khas kebarat-baratan ini. Memang kentang goreng berasal dari kentang asli  yang dipotong – potong dan digoreng. Meski kentang mengandung banyak manfaat di dalamnya, namun bila di goreng, akan jadi apakah si kentang – kentang yang menyehatkan ini? Simak jawabannya!

1.      Kaya Akan Lemak Jahat
Photo Source : Merdeka.com
Sesehat – sehatnya makanan apapun itu, kalau digoreng pasti meningkatkan kadar lemak jenuh dan lemak jahat yang menjadi faktor utama munculnya penyakit kanker. Apalagi jika kentang digoreng dengan minyak biasa yang berpotensi meningkatkan jumlah lemak jahat. Kadar lemak jahat yang semakin meningkat dalam tubuh dapat menambah angka kolesterol yang akhirnya berujung pada penyakit diabetes. Tak hanya itu, penyakit serangan jantung juga berpotensi muncul karena lemak semakin menumpuk hingga menyumbat arteri.

2.      Kandungan Karbohidrat Yang Buruk
Photo Source : Dream.co.id
Kandungan karbohidrat pada kentang yang digoreng akan mudah menjadi gula dalam tubuh. Hal ini memicu tubuh untuk lebih cepat menyerapnya menjadi energi dan  kemudian menyimpannya menjadi lemak. Dengan kata lain, kalau setelah makan kentang goreng kamu ga segera berolahraga, maka kemungkinan besar kentang yang kamu santap akan membuat berat badan naik dengan cepat. Tak hanya berakibat pada penambahan berat badan, karbohidrat dalam kentang goreng dapat membuat kandungan insulin dalam tubuh mengalami kelonjakan dengan cepat sehingga meningkatkan resiko penyakit diabetes dan jantung.

3.      Mengandung Lemak Trans
Photo Source : MECKU
FYI, konsumsi lemak trans sangat berbahaya bagi tubuh karena dapat menyebabkan jumlah kolesterol buruk yang meningkat, dan sebaliknya kolesterol baik yang semakin menurun. Keadaan ini akan berpotensi membuat seseorang terserang penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Ga hanya itu, dalam kentang goreng juga punya kandungan acrylamide yang sangat tinggi. Kandungan ini diketahui dapat memicu timbulnya kanker payudara, terutama pada wanita yang masuk ke masa menopause.

Memang kentang goreng itu sangat menggoda, mulai dari aroma hingga rasanya yang kriuk – kriuk. Namun sebaiknya hindari aja agar terbebas dari segala macam penyakit seperti yang udah disebutkan di atas. Kalau ga memungkinkan, boleh lakukan tips – tips dibawah ini :
-          Goreng menggunakan bahan alami
Gorenglah kentangmu di rumah sendiri dengan menggunakan minyak yang berbahan dasar alami seperti minyak zaitun atau minyak bunga matahari. Kemudian jangan digoreng terlalu lama karena akan mengakibatkan kandungan acrylamide (penyebab kanker) dalam kentang goreng semakin meningkat.
-          Jangan menyimpan kentang dalam freezer
Suhu penyimpanan yang terlalu dingin dapat memicu peningkatan jumlah acrylamide saat dimasak. Jadi sebaiknya, kentang dimasukkan saja kedalam pantry.

Notes, ga hanya kentang goreng yang bisa memicu datangnya sejumlah penyakit. Makanan lain yang sama sama digoreng juga berpotensi untuk menyebabkan hal itu. Jadi bijaklah dalam memilih sajian yang dimakan. Alangkah lebih baik untuk hanya mengkonsumsi makanan yang direbus atau dikukus supaya hidup lebih sehat dan berkualitas.

Source : bidanku.com & tribunnews.com
Cover Photo Source : Pinterest

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar