Ssssttttttt... Manfaat Terselubung Pada Kopi

Ssssttttttt... Manfaat Terselubung Pada Kopi


Ssssttttttt... Manfaat Terselubung Pada Kopi
Kopi... Sobat karib bagi mereka yang mengantuk sewaktu dikejar-kejar deadline. Memang, minuman populer yang satu ini dipercaya dapat menangkal mata yang mulai lelah, serta mem-boost up semangat dalam bekerja. Tapi ga sedikit orang yang bilang bahwa keseringan minum kopi dapat berpengaruh buruk pada kesehatan. Hal tersebut benar adanya bila kamu menyeduh kopi diluar batas yang dianjurkan. Walaupun kopi ga dikategorikan sebagai minuman sehat, tapi ada juga penelitian yang menyimpulkan bahwa kopi ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, dengan catatan kamu membatasi kadar gula & penggunaan krem pada kopi tentunya. Simak!

1.   Mencegah Batu Empedu
Photo Source : Alodokter.com
Pada tahun 2002, peneliti Harvard menemukan bahwa wanita yang minum 4 cangkir kopi per hari punya resiko 25% lebih rendah menderita batu empedu. Studi sebelumnya yang serupa juga menemukan hasil yang sama pada pria.  

2.      Mencegah Depresi
Photo Source : Excellent Family
Dalam Archives of Internal Medicine pada tahun 2011 menyebut bahwa wanita yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi sehari mempunyai resiko 15% lebih rendah mengalami depresi. Bahkan mereka yang minum 4 cangkir perhari mempunyai resiko 20% lebih rendah.

3.      Memperkuat  Memori
Photo Souce : ktktna.edu.vn
Sebuah studi pada tahun 2005 yang dilakukan para peneliti & diungkapkan pada Radiological Society of North America menyebutkan bahwa mengkonsumsi 2 cangkir kopi dapat meningkatkan memori jangan pendek serta kecepatan otak dalam bereaksi.
Menariknya, pada tahun 2007, ada pula penelitian yang menemukan bahwa wanita berusia diatas 65 tahun yang rutin minum 3 cangkir kopi per hari mempunyai performa lebih baik saat tes memori dari pada mereka yang hanya minum secangkir per hari.

4.      Mengurangi Resiko Diabetes
Photo Source : Patients Engage
Sebuah studi pada Januari 2012 dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry menunjukkan bahwa peminum kopi memiliki kemungkinan lebih kecil mengembangkan diabetes tipe 2. Alasannya, efek senyawa yang terkandung pada kopi akan menghalangi hIAPP, polipeptida yang dapat menghasilkan serat protein abnormal yang ditemukan pada orang pengidap diabetes tipe 2.

5.      Mengurangi Resiko Kanker
Photo Source : Rohaminaherba.com
Studi di Swedia pada tahun 2008 menemukan bahwa minum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap harinya dapat mengurangi resiko serta menunda perkembangan kanker payudara. Selain itu, studi lain yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health juga menemukan bahwa kopi dapat membantu menurunkan resiko kanker prostat.

6.      Meningkatkan Metabolisme Tubuh
Photo Source : Health - Kompas.com
Studi pada tahun 1980 mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi dapat merangsang metabolisme tubuh sehingga membantu orang – orang dalam mempertahankan atau bahkan menurunkan berat badan.

7.      Menurunkan Resiko Penyakit Parkinson
Photo Source : CareLinx
Pada tahun 2000, Journal of American Medical Association menyimpulkan bahwa konsumsi kafein yang terdapat pada kopi akan menghasilkan resiko lebih rendah menderita penyakit Parkinson. Selain itu, studi lain yang di terbitkan pada tahun 2010 juga menemukan bahwa orang yang minum 2 hingga 3 cangkir kopi setiap hari beresiko 25% lebih kecil menderita Parkinson.  

8.      Men-Supply Antioksidan
Photo Source : Vemale.com
Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti Harvard dan diterbitkan dalam Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention menemukan bahwa kopi memiliki kandungan antioksidan lebih banyak dari pada kebanyakan sayuran dan buah – buahan. Bahkan pada tahun 2005, kopi menduduki urutan pertama sebagai sumber antioksidan dalam pola makan orang Amerika.

9.      Mencegah Encok
Photo Source : Redaksi Wanita
Studi pada tahun 2007 menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi biasa/tanpa kafein dalam jangka panjang akan mengurangi resiko terkena encok. Mereka yang minum 6 cangkir setiap harinya memiliki resiko 60% lebih rendah mengidap penyakit ini.

Memang konsumsi kopi ada baiknya buat kesehatan. Tapi alangkah lebih baik bila kamu memperhatikan hal – hal berikut ini.

-          Jangan menyeduh kopi dengan pemanis buatan.
-          Perhatikan banyaknya gula yang digunakan. Usahakan pakai gula sesedikit mungkin atau tidak usah pakai sama sekali.
-          Jangan  minum kopi dalam keadaan perut masih kosong.
-          Jangan minum kopi di atas jam 7 malam.
-    TIDAK dianjurkan minum kopi bila mengidap masalah kesehatan seperti : MAAG, ASAM LAMBUNG, DARAH TINGGI, KOLESTEROL, SAKIT KEPALA BERAT / VERTIGO.

Meskipun penelitian seperti yang telah diungkapkan diatas rata – rata menganjurkan kamu untuk minum lebih dari 2 cangkir perhari, tapi harap diperhatikan bahwa tidak baik mengkonsumsi sesuatu secara berlebihan. Dianjurkan membatasi asupan kopi maksimal 2 cangkir/hari.

Source : WebKesehatan.com & HaloSehat.com
Photo Cover Source : Pinterest

Tags :

1 komentar: