Ngorok Saat Tidur? Lakukan 9 Cara Ini Untuk Mengatasinya!

Ngorok Saat Tidur? Lakukan 9 Cara Ini Untuk Mengatasinya!



Punya kebiasaan mendengkur waktu tidur? Wahh... Jangan dipelihara! Kasihan teman sekamar atau pasanganmu yang pengen tidur nyenyak tapi ga bisa. Kalau ga cepet ditanggulangi, jangan nyesel kalau sampai disuruh minggat or tidur diluar.. :P
Ngorok yang merupakan nama beken dari mendengkur adalah hal yang biasa dialami sebagian orang waktu tidur. Kebiasaan ini bisa terjadi karena disebabkan oleh  getaran pada struktur pernafasan sehingga menghasilkan suara yang sangat mengganggu.

FYI, mendengkur bisa jadi tanda – tanda seseorang memiliki penyakit serius seperti apnea tidur atau gangguan tidur yang bisa membuat penderitanya berhenti bernapas hingga 2 menit saat sedang terlelap. Hal ini berdampak pada turunnya kadar oksigen dalam darah dan akan membuat si penderita kelelahan dan sakit kepala keesokan harinya. Tak hanya itu, gangguan tidur ini juga berkaitan erat dengan beberapa penyakit parah lain seperti tekanan darah tinggi, stroke, penyakit jantung , dan obesitas. 

Back to topic, berikut cara – cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kebiasaan mendengkur : 

1.      Tidur Cukup
Photo Source : Jan Tilley & Associates
Saat kamu kecapean, otot – otot dalam tubuh akan berubah menjadi tidak tegang. Kondisi otot yang seperti ini akan membuat kamu tidur dengan mengeluarkan suara – suara dengkuran. Oleh karena itu, sebaiknya istirahat dan tidurlah yang cukup.

2.      Ubah Posisi Tidur
Photo Source : Reader's Digest
Percaya ga percaya, posisi tidur ternyata bisa menentukan apakah seseorang mendengkur atau tidak. Menurut sebuah penelitian, orang yang tidur dengan posisi terlentang berpotensi untuk ngorok. Hal ini bisa terjadi karena tidur bertumpu pada punggung yang dapat membuat pangkal lidah dan langit – langit lunak pada mulut menutupi dinding tenggorokan sehingga menyebabkan getaran suara waktu orang tersebut terlelap. Cara mengatasinya adalah dengan tidur menyamping.  

3.      Hindari Minuman Keras
Photo Source : Quitting Drinking
Menurut penelitian, minum minuman keras 4 hingga 5 jam sebelum tidur akan membuat kamu mendengkur lebih parah dari sebelumnya. Bahkan bagi yang sebelumnya ga pernah mendengkur, hal ini juga akan terjadi setelah menenggak minuman keras. Tak hanya minuman keras, obat tidur juga demikian. Obat – obat tersebut bisa membuat otot – otot pada leher jadi rileks dan dengkuranmu semakin keras.

4.      Perbanyak Air Putih
Photo Source : Daily Mail
Mendengkur juga bisa terjadi saat kamu mengalami dehidrasi dimana proses pelepasan lendir di hidung dan langit – langit lunak menjadi lengket. Hal ini dapat diatasi dengan minuman air putih yang banyak.

5.      Jaga Kebersihan Kamar
Photo Source : House Beautiful
Salah satu faktor yang bisa mengakibatkan seseorang mendengkur adalah alergi. Untuk itu, jagalah selalu kebersihan kamar tidur dan bersihkan semua perabot dari bantal, seprei, tempat tidur, hingga tirai.

6.      Hindari Merokok
Photo Source : Fakta.co.id
Merokok dapat menyebabkan hidung serta paru – paru tersumbat. Kondisi ini bisa menjadi pemicu seseorang untuk mendengkur. Jadi cara mengatasinya tak lain dan tak bukan adalah dengan berhenti merokok.

7.      Uap Air Panas
Photo Source : Mentimun.com
Biasanya mendengkur dapat terjadi karena hidung yang tersumbat. Kalau rongga hidung tersumbat akibat flu, aliran udara yang masuk bisa menimbulkan suara – suara yang tidak diinginkan saat seseorang terlelap. Cara mengatasinya adalah dengan terapi mencium uap air panas yang sebelumnya sudah dicampurkan dengan minyak angin.

8.      Turunkan Berat Badan
Photo Source : Perawatan Kulit
Berat badan berlebihan mengakibatkan udara yang masuk ke dalam tubuh menjadi terhambat sehingga waktu tidur, jumlah oksigen yang masuk hanya sedikit dan akhirnya mengeluarkan suara dengkuran. Yang bisa dilakukan adalah dengan menurunkan berat badan, konsumsi makanan sehat dan olahraga.

9.      Senam Tenggorokan
Photo Source : Tongkonan Toraja
Sebelum tidur, cobalah untuk melakukan senam tenggorokan lebih dulu. Caranya, buka mulut selebar mungkin dengan lidah menjulur keluar, kencangkan dan tutup kembali. Lakukan sebanyak 20x. Dengan melakukan senam tenggorokan, otot tenggorokan akan menjadi lebih longgar. Selamat mencoba! :)

Source : alodokter.com
Photo Source : Best Health Magazine Canada

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar