Ini Tanda Awal Diabetes Yang Tak Kita Sadari

Ini Tanda Awal Diabetes Yang Tak Kita Sadari



Banyak dari kita yang tak sadar bahwa tubuh kita telah terserang penyakit diabetes. Memang pada tahap awal penyakit ini, ga ada hal – hal aneh yang terjadi pada tubuh si penderita. Biasanya, kita baru sadar dengan gejala diabetes saat ia sudah merusak organ dalam tubuh.
Berikut gejala – gejala diabetes yang perlu diperhatikan :

-          Cepat Lapar & Lelah
Kenapa bisa? Pada umumnya, makanan yang telah dimakan akan dirubah menjadi gula darah yang digunakan oleh sel tubuh sebagai energi. Akan tetapi, untuk menerima gula darah tersebut, tubuh membutuhkan insulin. Nah pada penderita diabetes, insulin yang diciptakan oleh tubuh tidak cukup, sehingga gula darah tidak bisa masuk ke dalam sel tubuh dan membuat kita kekurangan energi untuk beraktivitas. Oleh karena itu, orang yang mengidap diabetes akan merasa lebih cepat lapar dari biasanya.

-          Beser & Sering Haus
Beser alias keinginan buang air kecil yang ga ada habisnya pada penderita diabetes. Pada orang normal, biasanya buang air kecil berkisar sebanyak 4 – 7 kali dalam 1 hari. Kalau bolak balik kamar mandi lebih dari itu, bisa jadi pertanda diabetes. Mengapa bisa demikian? Pada umumnya, tubuh akan menyerap gula darah dan mengalirkannya melalui ginjal. Namun saat seseorang mengidap diabetes, tubuh tidak mampu menyerap semuanya dan akhirnya disingkirkan melalui pembuangan urin. Akibatnya, kita akan lebih gampang merasa haus, minum banyak, dan akhirnya beser lagi.

-          Mulut Kering & Kulit Gatal
Tubuh menggunakan cairannya untuk membuat urin sehingga cairan yang seharusnya digunakan untuk melembabkan tubuh menjadi berkurang. Hal ini juga berimbas pada dehidrasi dan mulut yang terasa kering, begitu juga kulit yang ujung – ujungnya memicu gatal – gatal.

-          Penglihatan Buram
Kadar cairan dalam tubuh yang menipis akan mengakibatkan lensa mata membengkak. Hal ini bisa saja menyebabkan lensa mata berubah bentuk serta kehilangan kemampuannya untuk fokus.
 
Berikut gejala – gejala khusus yang dialami penderita diabetes tipe 2 :  
 
-          Infeksi Jamur
Infeksi dapat terjadi di bagian lipatan kulit yang lembab seperti rongga di antara jari tangan/kaki, di bawah payudara, atau di sekitar organ vital. Hal ini bisa terjadi karena jamur yang tumbuh di dalam tubuh memakan gula darah (glukosa) dalam tubuh si penderita diabetes. Jadi bisa dikatakan, semakin banyak tubuh mengandung glukosa, pertumbuhan jamur pun akan semakin subur.

-          Penyembuhan Luka Lambat
Penyembuhan luka yang lambat terjadi karena kadar gula darah yang tinggi sehingga mempengaruhi aliran darah si penderita dan akhirnya mengakibatkan kerusakan pada saraf yang menyulitkan tubuh dalam penyembuhan luka. 

-          Nyeri / Mati Rasa di Kaki
Nyeri serta mati rasa di bagian kaki juga disebabkan oleh kerusakan saraf si penderita diabetes.

Berikut gejala – gejala khusus yang dialami penderita diabetes tipe 1 :

-          Berat Badan Turun Tanpa Diet
Jika tumbuh si penderita tidak mendapatkan energi dari makanan, maka tubuh akan mulai menggerogoti otot serta lemak untuk menggantikan sumber energinya. Oleh karena itu, berat badan si penderita diabetes semakin turun meskipun tidak mengubah pola makan/diet.

-          Mual & Muntah
Pada saat tubuh mulai menyedot energi dari lemak, tubuh akan menciptakan ‘keton’. Keton tersebut dapat menumpuk dalam darah sampai pada taraf yang membahayakan. Keton ini jugalah yang menyebabkan si penderita merasa sakit perut, mual, dan muntah – muntah.

Adakah satu atau lebih gejala diatas yang kira – kira kamu alami? Jika ada, segera periksakan diri kamu ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya! 



Source :
www.deherba.com
 
Photo Source :
Huffington Post

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar