Ini Dia Manfaat Ajaib Baking Soda Yang Kamu Wajib Tau!

Ini Dia Manfaat Ajaib Baking Soda Yang Kamu Wajib Tau!



Buat yang sering berurusan sama bahan makanan di dapur, so pasti udah ga asing lagi sama yang namanya baking soda. Bahan ini ga hanya selalu dipake buat makanan, tapi juga bisa digunakan untuk perawatan kulit, badan, hingga barang barang kamu di rumah. Yuk simak apa aja manfaat baking soda yang belum banyak orang tau!

Untuk Kecantikan
1.   Merawat Jerawat
Photo Source : Familinia
Buat yang punya wajah berminyak dan berjerawat, sekarang sudah bisa melakukan perawatan murah dengan baking soda. Selain aman, baking soda juga cukup ampuh mengempeskan jerawat yang timbul. Caranya, campurkan sedikit air dengan 2 sendok makan baking soda sampai membentuk seperti adonan pasta. Oleskan pada bagian jerawat dan biarkan hingga mengering, kemudian bilas bersih dengan air. Lakukan perawatan ini hanya 1 kali dalam seminggu.

2.   Memutihkan Kulit
Photo Source : makeup.saloni.pk
Baking soda mampu mengangkat sel – sel kulit mati yang menyebabkan wajah kusam. Logikanya, bila sel kulit mati terangkat, otomatis wajah juga akan terlihat lebih putih dan bersinar. Caranya, campurkan 2 sendok baking soda dengan air sabun, kemudian oleskan pada kulit wajah sambil dipijat perlahan. Setelah itu langsung dibilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini hanya 1 kali dalam seminggu.

3.   Menghilangkan Flek Hitam
Photo Source : Home Remedies Blogger
Bekas jerawat yang akhirnya jadi flek hitam ga akan bisa hilang begitu aja kalau dibiarin. Noda ini akan lama bersarang di wajah jika kamu ga melakukan perawatan khusus menggunakan baking soda. Caranya, campur 1 sdm baking soda dengan sedikit air (jangan terlalu encer), kemudian oleskan pada wajah dan diamkan sampai kering. Setelah itu, bilas menggunakan air hangat. Lakukan perawatan ini hanya 1 kali dalam seminggu.

4.   Mencerahkan Kulit Ketiak
Photo Source : Feminiya.com
Baking soda bersifat antiperspirant yang dianggap bisa membuat warna kulit ketiak lebih cerah dan terhindar dari bau. Baking soda juga diklaim lebih aman dan memiliki khasiat yang lebih manjur dibandingkan deodoran biasa. Caranya, campurkan 4 sdm baking soda dengan air, kemudian oleskan pada kulit ketiak sampai mengering dan bilas sampai bersih. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

5.   Membersihkan Kuku
Photo Source : Reader's Digest
Ga perlu sampai meni-pedi buat mendapatkan kuku yang terawat. Cukup gunakan baking soda, kukumu pun akan terlihat lebih sehat. Caranya, campurkan baking soda dengan air secukupnya sampai kuku tangan dan kaki mu bisa terendam, Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan perawatan ini 2 kali dalam seminggu.

6.   Scrub Badan
Photo Source : Luxurious Escape
Baking soda bermanfaat untuk mengangkat sel - sel kulit mati. Sama halnya dengan  menggunakan bahan ini pada untuk memutihkan wajah. Gosokkanlah ramuan baking soda yang sudah dicampurkan dengan air, kemudian diamkan selama 5 hingga 10 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan 2x dalam seminggu.

7.   Kondisioner Rambut
Photo Source : Livestrong.com
Ternyata, baking soda juga bisa digunakan untuk melembabkan rambut. Caranya, buatlah campuran air dengan baking soda, kemudian oleskan pada rambut yang sudah dikeramas dan masih basah. Diamkan 5 menit, lalu bilas dengan air hangat. Lakukan sebanyak 2x dalam seminggu.

          Untuk Kesehatan
1.   Obat Kumur Alami
Photo Source : wikiHow
Kandungan yang terdapat dalam baking soda bisa bikin mulut kamu jadi lebih segar dan bersih. Selain itu, bahan yang satu ini juga bisa membunuh kuman – kuman penyebab bau mulut. Caranya, campurkan 1 sdm baking soda dengan 100 ml air dan gunakan untuk berkumur setiap pagi atau saat mau tidur. 

2.   Menghilangkan Bau Badan
Photo Source : Channelkesehatan.com
Punya masalah sama bau badan memang bikin nggak PD-an banget. Tapi jangan khawatir, kamu bisa menghilangkan baunya dengan baking soda. Caranya, taburkan baking soda pada ketiak agar ga berkeringat dan menimbulkan bau – bau tak sedap.

3.   Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Serangga
Photo Source : merahputih.com
Kalau kamu digigit serangga, jangan digaruk karena hanya akan memperparah rasa gatal dan berpotensi meninggalkan bekas. Lebih baik gunakan perawatan dengan baking soda. Caranya, campurkan 1 sdt baking soda dengan sedikit air dan gosokkan pada bagian yang gatal. Setelah mengering, bilas dengan air hangat.

4.   Memutihkan Gigi
Photo Source : Facetofeet
Untuk mendapatkan gigi yang lebih putih, kamu tinggal membuat adonan campuran air dan baking soda hingga membentuk pasta. Kemudian menyikat gigi seperti biasa dengan menggunakan adonan tersebut. Jangan biarkan baking soda terlalu lama di dalam mulut, maksimal 5 menit. Kemudian berkumurlah sampai bersih. Lakukan hanya 1 kali seminggu. Jika terlalu sering, lapisan gigi teratas atau lapiran enamel gigi akan rusak.

5.   Menghilangkan Bau Amis dan Pedas di Tangan
Photo Source : HalWanita.com
Bukan masalah lagi kalau kita terpaksa harus menyentuh ikan amis atau bawang dan cabe-cabean. Kamu tinggal menuangkan baking soda di telapak tangan dan mulai menggosok-gosok dengan kedua tangan agar baunya cepat hilang.

Untuk Keperluan Rumah Tangga
1.   Membersihkan Toilet
Photo Source : Pinterest
Tidak perlu produk berbahan kimia untuk membersihkan lantai atau dinding toilet kamu yang kotor. Baking soda mampu mengurangi kotoran serta kuman – kumam di toilet. Caranya, cukup taburkan baking soda ke seluruh lantai, gosok secara merata dan siram.

2.   Pemadam Api Darurat
Photo Source : Hairul.com
Menaburkan baking soda adalah metode yang paling aman untuk memadamkan api karena minyak. Jadi kalau kamu sedang menggoreng sesuatu di dapur dan ada minyak yang mengenai api, taburkan baking soda atau garam yang banyak pada minyak untuk menyerapinya dengan cepat, dan mengeliminasi api pada sumbernya. Noted, jangan pernah menggunakan air atau tepung pada minyak yang terbakar karena minyak dapat memicu api semakin membara dan air menyebabkan minyak menyemprot kemana – mana.

3.   Pembersih Noda
Photo Source : Pewangi Laundry
Baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan noda yang membandel pada pakaian. Caranya, siapkan ¼ cangkir baking soda, campurkan pada detergen dan gunakan campuran tersebut untuk mencuci pakaian.

4.   Pembersih Buah dan Sayuran
Photo Source : thirthyhandmadedays.com
Mencuci buah dan sayuran menggunakan baking soda dapat membersihkan zat pestisida yang menempel sehingga lebih aman untuk dikonsumsi. Selain itu, bahan ini juga dapat menghilangkan bakteri yang menempel. Caranya, campurkan baking soda dengan air, kemudian rendamkan buah dan sayuran di dalamnya.

5.   Pembersih Saluran Wastafel
Photo Source : Pinterest
Saluran wastafel mampet? Jangan khawatir. Agar ga tersendat lagi, campurkan 1 sdt baking soda ke lubang saluran, kemudian tambahkan 1 cangkir cuka dan air hangat. Biarkan selama 5 menit, kemudian bilas dengan air hangat. No more mampet.


6.   Pembersih Microwave
Photo Source : Days in Bed

Bahan makanan yang lengket di dalam microwave terkadang agak susah untuk dibersihkan. Tapi hal itu ga jadi masalah kalau dibantu dengan baking soda. Caranya, campurkan baking soda dengan air hangat, kemudian panaskan dalam microwave selama 2 menit. Setelah selesai, kotoran pun akan lebih mudah dibersihkan dan diangkat.


7.   Penghilang Bau
Photo Source : Paseban

Biasanya, peralatan rumah tangga yang paling rentan sama bau adalah lemari es. Untuk meminimalisir baunya, gunakanlah bantuan baking soda. Caranya, tuangkan bubuk baking soda dalam sebuah wadah yang terbuka seperti mangkok, dan letakkan di dalam lemari es. Baking soda dapat menetralisir bau dalam kulkas serta menjaga kesegaran bahan makanan di dalamnya. 


8.   Pembersih Perhiasan
Photo Source : Cleanipedia

Untuk mengembalikan warna dan kilau emas serta perak, kamu dapat menggunakan baking soda. Caranya, gosokkan baking soda pada perhiasaan, diamkan selama 5 menit dan kemudian bersihkan menggunakan air. Setelah itu, emas/perak pun akan kembali mengkilat seperti sedia kala.


9.   Menghilangkan Noda Gosong
Photo Source : Cleanipedia

Tips satu ini cocok buat ibu – ibu yang pengen mengembalikan kemulusan alat masaknya. Jika bagian bawah panci atau peralatan masak lain rentan gosong, kamu bisa menggosoknya dengan spon kawat dan baking soda. Kemudian tambahkan sedikit cuka agar noda lebih mudah lepas. 



Photo Source :

Pinterest

Information Source :

Manfaat.co.id & HIPWEE

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar