Hayo... Cepetan Bikin Gemuk yang Mana, Mie Instan atau Nasi?

Hayo... Cepetan Bikin Gemuk yang Mana, Mie Instan atau Nasi?



Keduanya sama – sama jadi pilihan pertama kalau perut lagi keroncongan. Bikin kenyang, murah, enak dan jadi sumber karbohidrat yang dibutuhkan oleh tubuh. Biasanya untuk kaum yang takut gemuk, nasi akan diganti sama mie dengan alasan mie lebih ringan & memiliki kalori lebih sedikit. Hmm yakinkah? Mari coba kita bandingkan. 
 
 1.   Ternyata, kalori mie instan lebih tinggi daripada nasi putih
Photo Source : Spices Inc
Biasanya kalau kelaparan melanda di malam hari, orang – orang akan memilih makan mie ketimbang nasi putih untuk menjaga berat badan. Mereka beranggapan bahwa mie instan mempunyai kalori yang lebih sedikit dibandingkan nasi. Tapi pada kenyataannya, kalori mie instan 3 kali lipat lebih banyak dari pada nasi!Jika kamu perhatikan informasi nilai gizi yang tertera di bungkus mie, satu kemasannya yang memiliki berat bersih 70 gram ternyata menyimpan setidaknya 370 kalori. Padahal nasi dengan berat yang sama hanya mengandung 91 kalori. Bila ditarik kesimpulan, mie instan akan lebih cepat membuat perut melar dibanding nasi putih.

2.   Bahkan kandungan sodium / garam + MSG pada mie instan jauh lebih tinggi
Photo Source : NAET Dubai
Mie instan adalah salah satu makanan yang tergolong tak sehat. Kandungan karbohidrat dan lemak yang luar biasa tinggi, tapi rendah protein, vitamin, serat dan mineral menjadi alasan kenapa mie instan tidak terlalu baik buat kita konsumsi. Selain itu, kaldu instan yang terdapat dalam mi instan juga mengandung sodium atau garam yang tinggi. Dalam satu bungkus mi instan tercatat mengandung  sekitar 2.700 mg sodium, padahal asupan sodium yang dianjurkan perharinya tidak lebih dari 2.000 – 2.400 mg.
FYI, kelebihan sodium mempunyai resiko buruk bagi kesehatan tubuh. Salah satunya dapat memperberat kerja ginjal. Tak hanya itu, sodium yang menumpuk dalam tubuh juga dapat memicu tekanan darah tinggi, gagal jantung, hingga stroke.
Ditambah lagi, dalam mi instan terkandung MSG yang bikin makanan satu ini semakin uenak tenan. MSG yang berlebihan bisa memicu reaksi alergi yang ditandai dengan gejala sakit pada bagian dada, berkeringat, jantung berdebar debar dan sakit kepala.  

3.   Apalagi kalau mi instan di kombinasiin sama nasi
Photo Source : hello-pet.com
Kebiasaan orang Indonesia kalau makan tanpa nasi namanya ‘bukan makan’. Padahal kalau makan mi instan di barengin sama nasi, kalori yang dihasilkan akan berlipat – lipat ganda yakni 750.000 kalori! Bayangkan saja, kebutuhkan kalori wanita dalam 1 hari hanya sekitar 1.800 hingga 2.000, sedangkan pada pria sekitar 2.200 sampai 2.400. Coba saja dihitung berapa kelebihan kalori yang kamu tuai setiap makan mie instan dan nasi + cemilan dan makanan lain.

Jadi kesimpulannya, yang bakalan bikin kamu lebih cepet gemuk adalah mie instan! Tapi sayang banget kalau makanan yang enaknya luar biasa ini sampai ga di makan karena alasan kesehatan. Sebenarnya kamu sah – sah aja kalau mau nyicip, tapi sebelumnya, perhatikan dulu tips – tips berikut : 
-          Batasi makan mie instan 1 kali dalam seminggu.
-          Tambahkan sumber protein, vitamin, mineral, dan serat seperti jamur, telur, wortel, sawi, kubis dan lain – lain untuk menyeimbangkan takaran gizi.
-          Buang air rebusan mie instan supaya bersih dari sisa - sisa minyak bekas pengorengan. Sebagai gantinya gunakan air panas yang baru mendidih kalau mau disajikan berkuah.
-          Kurangi bumbu dari mie instan supaya asupan natrium dan MSGnya berkurang. Sebagai gantinya, gunakan garam dapur atau bumbu alami lainnya.
-          Jangan makan mie instan didalam wadah styrofoam karena mengandung bahan kimia bisphenol A (BPA) yang dapat mengganggu kerja hormon. Sebaiknya pindahkan dulu kedalam piring / mangkok.

Nah.. Sudah tau yang mana lebih baik, nasi atau mie instan? Yuk lebih cermat lagi dalam memilih makanan yang bakalan masuk ke dalam tubuh kita.

Information Source :
HIPWEE
Photo Source :
Pinterest

Tags :

24 komentar:

  1. Makasih banyak tas infonya..

    BalasHapus
  2. Waaaah..informasi yg bagus..kami tunggu info lain yg sangt bermanfaat

    BalasHapus
  3. Thx...infonya.sangat bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  4. Betul betul betul mantaaaap.

    BalasHapus
  5. Waah baru tau.makazi infonya

    BalasHapus
  6. buruan instal trus cobain dehh..pazti akeh nek gulo jee

    BalasHapus
  7. Menurut saya, memang mie instan lebih mempercepat gemuk. Tapi alasannya bukan kalori yang lebih banyak. Terbalik kalau kalori mie instan lebih banyak dari nasi..
    Lebih tepatnya mie instan lebih cepat proses penguraian dari pada nasi

    Kalau beranggapan nasi +mie instan sampai 750. 000 kalori, sedangkan manusian per hari butuh 2400. Jadi bisa di asumsikan setelah makan seporsi nasi dan mie instan selama setahun gak lapar donk...
    Kenyataanya makan mie instan adalah menunda lapar...

    BalasHapus