Susah Tertidur? Mungkin Kamu Perlu Lakukan Ini!

Susah Tertidur? Mungkin Kamu Perlu Lakukan Ini!



Udah buru - buru nemplok kasur, pengennya sih langsung berlayar ke pulau kapuk. Tapi eh... Bukannya ketiduran, malah guling sana sini. Hmm... Coba deh tips – tips buat cepat terlelap biar fit esokan harinya!

1.      Hindari Boci

Photo Source : The Week
Biasanya boci atau bobo siang sering dikata sebagai alat untuk balas dendam buat yang kurang tidur di malam sebelumnya. Boro – boro buat gantiin jatah tidur, boci justru bakalan bikin kamu tambah ga ngantuk di malam harinya. Buat kamu yang memang ngantuk parah di siang hari, boleh sih 10 – 30 menit tidur siang sekedar buat menangkal ngantuk. Tapi ingat, ga lebih dari 30 menit ya.

2.      Matikan Lampu
Photo Source : freehdwalls.net
Meskipun tidur dengan mata terpejam, cahaya lampu ternyata bisa menimbulkan efek – efek terang yang akan mengganggu pikiran. Hasilnya kamu jadi ga fokus tidur, dan pikiran akan lari kemana – mana. Sebaiknya matikan lampu waktu mau tidur, selain hemat listrik, kamu akan lebih cepat terlelap.

3.      Jangan Minum Kafein Dekat Waktu Tidur
Photo Source : nataliussen.com
Sudah jelas kandungan kafein bikin mata kamu tambah melek. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh tebal akan menghilangkan rasa ngantukmu. Bukannya bobo cantik, malah jadi hansip.

4.      Perhatikan Kondisi Perut
Photo Source : detik.com
Waktu tidur, jangan biarkan perut kamu terlalu kosong atau terlalu penuh. Kalau terlalu kosong, tidur mu pasti akan terganggu dengan berisiknya suara perut yang minta makan. Sebaliknya kalau terlalu kenyang, bisa jadi proses pencernaan makanan di tubuh masih berlangsung. Kalau lapar, cukup konsumsi buah buahan dan protein yang dapat meningkatkan hormon pembantu tidur.

5.      Kamar Sejuk
Photo Source : huffingtonpost.com
Suhu kamar yang terlalu panas / dingin bisa membuat tidur kamu ga nyaman. Terlebih kamu akan kehilangan konsentrasi untuk tidur, dan malah berfokus pada suhu ruangan yang ga ideal. Disarankan sebelum kamu tidur, atur suhu ruangan biar pas dengan kenyamanan kamu. 

6.      Aromaterapi
Photo Source : aliexpress.com
Aroma – aroma tertentu bisa membantu pikiran untuk lebih rileks. Pikiran yang tegang dan kemana mana sangat berpotensi mengagalkan rencana tidur awalmu. Aroma yang recommended untuk tidur seperti vanila, lavender, atau kayu cendana dapat menjadi pilihan kamu buat temani tidur. 

7.      Instrumen Musik
Photo Source : magic4walls.com
Sama halnya dengan aromaterapi, mendengarkan musik instrumen yang selow bisa bikin kamu makin ngantuk. Setel dengan volume yang kecil, ikuti alunan musiknya, dijamin nemplok kasur langsung berlayar ke pulau kapuk.

8.      Atur Pola Tidur
Photo Source : Wendy James Bristol Hypnotheraphy
Kalau kebiasaan tidur jam 1 atau 2 malam, tiba – tiba beralih jadi tidur jam 9 – 10, tentunya akan sedikit susah. Karena apa? Karena tubuh sudah membentuk pola tidur di atas tengah malam. Sulit tidur tandanya tubuh kamu memberontak karena tidak mengenali waktu tidur tersebut.

Monggo dicoba ya Sobat Evoucher!


Cover Photo Source : acormaisquente.wordpress.com


Tags :

12 komentar:

  1. ok.....coba dulu dechh....mksh...!!!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat mencaoba ya Hery.
      Semoga bermanfaat! ;)

      Hapus
  2. Terus ngatasin ssah tdur wlau gg boci gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nur.
      Terima kasih telah mampir di halaman Evoucher.
      Cara mengatasi susah tidur walaupun tidak tidur siang sudah dijelaskan semua dalam artikel. Upaya tersebut antara lain seperti mematikan lampu saat tidur, menggunakan aromaterapi, dll.
      Selamat mencoba ya! :)

      Hapus
  3. Terus ngatasin ssah tdur wlau gg boci gmn?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Nur.
      Terima kasih telah mampir di halaman Evoucher.
      Cara mengatasi susah tidur walaupun tidak tidur siang sudah dijelaskan semua dalam artikel. Upaya tersebut antara lain seperti mematikan lampu saat tidur, menggunakan aromaterapi, dll.
      Selamat mencoba ya! :)

      Hapus
  4. @nur kholifah : g bca sampe beres ya artikel nya, diatas kan dijelasin gmna cra nya ngatasi susah tidur, bukan karena boci aj. adeeeuuuhhh.. org indonesia bnyk kya gni repot deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Sonsolidrifar.
      Terima kasih ya atas dukungannya.
      Semoga bermanfaat! ;)

      Hapus
  5. Klo susah tdr walaupun ga boci jg mnding kasih obat tdr..mngkin banyak pikiran jd ga bsa tdr...klo mnm obat tdr pikirannya bsa jd lbih tenang dan akhirnya bisa tertidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Susan.
      Benar sekali!
      Terimakasih ya atas dukungannya.
      Selamat beraktifitas! ;)

      Hapus
  6. Kalau ngga bisa tidur karna keinget seseorang gimana? ������

    BalasHapus