Step by Step Untuk Save Money Buat Liburan

Step by Step Untuk Save Money Buat Liburan



Adakah di antara kalian yang ga seneng buat pergi liburan? Ga ada kan? Masalahnya cuma 1, punya budget yang cukup kah untuk jalan-jalan? Rasanya buat mencukupi kebutuhan sehari – hari aja udah pas – pasan. FYI, pergi liburan itu penting terutama buat kamu semua yang sering dilanda kepenatan dan tekanan kerja. Dengan berlibur, level stress kamu akan menurun, dan sebaliknya bisa memotivasi kamu buat kerja lebih produktif. Ini dia panduan step by step menghemat uang untuk liburan idaman kamu!

Step 1 : Kenali level pengeluaranmu
Photo Source : Pinterest
Langkah paling pertama yang harus kamu lakukan adalah kenali apa aja pengeluaran serta berapa uang yang kamu habiskan tiap bulannya. Pengeluaran bisa kamu cek dari mutasi rekening, tagihan kartu kredit, ataupun laporan kas 2 atau 3 bulan sebelumnya. Jika kamu merasa pengeluarannya terlalu besar, sudah saatnya buat keep on track. Ada baiknya kalau kamu mulai mencatat semua uang yang keluar masuk dari dompet/rekeningmu setiap harinya.

Step 2 : Bedakan kebutuhan utama dengan kebutuhan senang-senang
Photo Source : Pinterest
Setelah mencatat semua pengeluaran kamu 1 bulan terakhir, saatnya untuk mengkategorikan yang mana kebutuhan utama dan yang mana kebutuhan senang-senang. Untuk lebih memudahkan, gunakan bantuan stabilo 2 warna. 1 warna untuk meng-highlight pengeluaran yang memang menjadi keperluan pokok (seperti biaya listrik, air, gas, makan, peralatan mandi, etc), dan 1 warnanya lagi untuk menghighlight keperluan yang sekiranya bisa dikesampingkan (misalnya baju dan tas baru, nongkrong di kafe, hobi, fitness, etc).

Step 3 : Melakukan perhitungan gaji & pengeluaran
Photo Source : Pinterest

Selisihkan pendapatan bulananmu dengan jumlah pengeluaran utama yang udah kamu highlight di step sebelumnya. Hasilnya adalah jumlah uang yang tersisa, yang bisa kamu tabung. Kalau uangnya ga bersisa, berarti kamu harus belajar untuk lebih menghemat lagi! 

Step 4 : Estimasikan biaya liburan
Photo Source : Pinterest
Di step ini, saatnya kamu menentukan tempat liburan yang ingin kamu kunjungi, dan berapa banyak uang yang harus dikeluarkan. Lakukan perhitungan awal dengan survey di situs – situs seperti TripAdvisor ataupun blog – blog travel yang menyediakan informasi seputar tempat liburan impian kamu. Jangan lupa juga untuk mengecek tiket pesawat, tiket masuk tempat wisata, biaya makan, dan penginapan. Bikin estimasi, jumlahkan semuanya, kemudian tambah 20% biaya tambahan in case kalau ada kenaikan harga.
Beberapa hal yang bisa dipertimbangkan saat mengestimasikan biaya perjalanan :
-          Berlibur saat low-season.
Akan jauh lebih murah jika kita liburan di musim-musim sepi. Ga hanya biaya penerbangan dan penginapan yang turun harga, tempat wisata juga ga terlalu ramai sehingga bisa dapetin suasana yang lebih cozy.
-          Menginap di apartemen.
Biaya inap di apartemen biasanya akan lebih murah daripada hotel. Tak hanya itu, kamu juga bisa masak di apartemen sehingga bisa menghemat biaya makan kamu di luar.
-          Destinasi yang tempat wisatanya free
Lebih baik pilih destinasi yang punya banyak tempat wisata gratis/murah agar kamu ga perlu mengeluarkan uang lebih untuk membayar tiket masuk wahana/tempat wisata. Taman – taman atau wisata alam biasanya akan mematok harga masuk yang lebih murah bahkan gratis. 

Step 5 : Kurangi pengeluaranmu
Photo Source : Pinterest
Tak ada gunanya untuk berusaha mengurangi biaya pengeluaran pokok kamu. Itu sudah menjadi biaya pasti yang harus kamu keluarkan per bulannya. Yang perlu kamu perhatikan adalah melakukan pengecekan ulang terhadap biaya-biaya tambahan. Apa saja itu? Apakah biasa dikurangi? Misalnya seperti biaya untuk asisten rumah tangga dan laundry, bisakah dilakukan saja sendiri? Biaya berlangganan tv kabel atau fitness, apa bisa di cancel?  

Step 6 : Tabung budget
Photo Source : Pinterest
Setelah di estimasi, rupanya membutuhkan biaya 12 juta untuk berlibur ke tempat impian kamu. Katakanlah uang yang berhasil disisihkan 1 bulannya untuk berlibur adalah 500ribu. Tandanya kamu perlu menunggu selama 2 tahun untuk bisa kesana. Jangan down dulu, itu artinya kamu punya waktu yang lebih panjang dan mateng dalam mempersiapkan liburanmu. Siapa tau dengan melakukan survey yang lebih dalam dan panjang, kamu bisa dapet yang jauh lebih murah.

Step 7 : Practice makes perfect
Photo Source : Pinterest
Sekali kamu belajar untuk menghemat, kamu akan terbiasa gaya hidup save money. Secara teori, seiring berjalannya waktu, gaji yang didapat juga akan semakin tinggi tiap tahunnya. Dengan latihan membagi pengeluaran dan mengestimasikan biaya, kamupun akan lebih mudah dan terbiasa mengatur keuangan.
Menghemat uang untuk liburan memang susah, tapi percayalah, WORTH IT kok! ;)

Photo Cover Source : Pinterest

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar