Sering Kesemutan? Waduh... Ada Apa Ya???

Sering Kesemutan? Waduh... Ada Apa Ya???



Lagi duduk lama, tiba – tiba kok rasanya mati rasa??? Hmm... Itu artinya kamu sedang mengalami kesemutan. Normal kah? Normal saja kalau penyebabnya terlalu lama duduk bersila. Untuk hal ini, jangan khawatir. Setelah kaki diluruskan kembali, kesemutan pun akan segera menghilang. Tapi, gimana bagi orang yang sering tiba – tiba kesemutan tanpa sebab? 

Kesemutan terjadi karena ada tekanan pada pembuluh darah atau syaraf yang saling berhubungan. Wajar sekali bagi kamu yang mengalami kesemutan tanpa merasakan gejala lain pada tubuh. Yang patut di khawatirkan adalah orang yang kesemutan, tapi ditambah dengan beberapa gejala lain yang tidak normal. Beberapa kondisi kesemutan yang perlu kamu ketahui :
1.      Kesemutan pada umumnya
Photo Source : sakitsendi.org
Kesemutan ini adalah hal yang biasa. Bisa terjadi karena ada aliran darah yang berhenti dari pembuluh darah ke titik syaraf pada kaki atau tangan. Untuk mengatasinya, kamu cukup menggerakkan bagian yang kesemutan agar aliran darah lancar kembali. Beberapa penyebab dari kesemutan ini antara lain :
-          Duduk dalam jangka waktu yang lama dan memberikan tekanan atau menindih kaki.
-          Minum obat tertentu yang memicu masalah pada kepekaan syaraf.
-          Memakai sandal atau sepatu kekecilan / memberi tekanan pada kaki.
-          Dehidrasi dan hiperventilasi (kondisi saat kamu bernapas terlalu cepat).
-          Kekurangan vitamin B12 yang menyebabkan anemia (dapat berpengaruh pada kesehatan syaraf).
-          Konsumsi alkohol. (Akan menjadi serius bila konsumsi berlebihan dan menyebabkan kerusakan pada syaraf).

2.      Kesemutan berkepanjangan
Photo Source : alodokter.com
Kesemutan yang cukup serius ini dapat terjadi karena faktor – faktor berikut :
-          Syaraf terjepit.
Ada salah satu bagian syaraf yang terjepit atau keluar jalur sehingga menyebabkan tekanan pada syaraf lain. Misalnya syaraf di bagian punggung yang terjepit, maka akan berpengaruh pada kaki yang kesemutan. Untuk mengatasinya, sebaiknya kamu berobat ke dokter. Dokter akan memberikan terapi berupa obat – obatan, fisioterapi, bahkan operasi sesuai dengan kasus yang dialami.

-          Diabetes
Penyakit yang satu ini dapat merusak saraf – saraf tepi karena kandungan gula darah dalam tubuh yang tinggi. Kesemutan yang diakibatkan diabetes dapat berlangsung dalam jangka waktu lama. Yang membuat bahaya adalah resiko terpeleset atau jatuh karena kaki dan tangan mengalami mati rasa. Untuk mengatasinya, kamu harus mengontrol gula darah dengan rajin berolahraga, minum obat diabetes, dan suplementasi vitamin neurotropik.

-          Gejala Stroke
Gejala awal stroke ringan ditandai dengan rasa kesemutan yang berkepanjangan pada separuh badan. Hal ini terjadi karena darah tidak mengalir pada bagian syaraf tersebut. Biasanya gejala terjadi selama beberapa menit. Selain kesemutan, beberapa gejala lain yang mungkin terjadi seperti separuh badan lumpuh, susah bicara, pusing, peglihatan kabur, bahkan buta pada sebelah mata.

-          Gejala Tumor Otak
Gejala tumor otak biasanya diawali dengan rasa kesemutan. Kesemutan dapat terjadi karena ada penyakit di otak (yang menjadi pusat seluruh saraf tubuh) yang mengganggu fungsi organ tubuh. Kesemutan bisa dirasakan di bagian manapun yang sarafnya dirusak. Selain kesemutan, gejala lain yang muncul adalah mual, muntah, gangguan mata, gangguan keseimbangan, gangguan pendengaran, hingga perubahan tingkah laku.

-          Penyakit Multiple Sklerosis
Disebabkan oleh gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang balik badan sendiri. Umumnya gangguan ini akan menyerang  pelindung syaraf atau mielin sehingga membuat penderita mati rasa di bagian kaki dan tangan, bahkan mampu menyebabkan kelumpuhan.  

Bila kamu mengalami kondisi – kondisi kesemutan yang tidak wajar, disarankan untuk segera bertemu dengan dokter ya sobat Evoucher! Apalagi bila kondisi kesemutan disertai dengan pusing, kejang otot, nyeri pada leher, keseringan buang air kecil, dan tidak bisa bergerak.


Source :
-          HALOSEHAT
-          MEDISKUS
-          ALODOKTER
Photo Cover Source :
-          duniainformasikesehatan.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar