Pernah Alami Ketindihan? Apa Benar Ulahnya Setan???

Pernah Alami Ketindihan? Apa Benar Ulahnya Setan???

Pernahkah kamu terbangun di malam hari dengan tubuh yang ga bisa digerakkan sama sekali? Kemudian sering kali saat terbangun, kamu melihat atau merasakan sosok bayang – bayang aneh di sekitar? Hmm... Banyak orang percaya kalau ketindihan itu ulah makhluk asing yang lagi iseng duduk di atas kita. Tapi benarkah?

Photo Source : pinterest.com
Di Indonesia, fenomena ketindihan memang selalu dikaitkan dengan alam gaib. Konon katanya, seseorang bisa ketindihan gara – gara mereka melakukan kesalahan atau aktivitas yang mengganggu para penghuni alam gaib. Bahkan di beberapa daerah di Indonesia banyak yang percaya kalau ditindih hantu waktu tidur artinya tempat itu ada penghuninya alias angker. Ga hanya itu, ketindihan katanya bisa menyebabkan kematian kalau orang yang ditindih enggak segera bangun dari tidurnya. 

Ga cuma di Indonesia aja, di daerah lain juga percaya ketindihan itu gara – gara makhluk setan iseng yang seneng ngerjain si korban. Di Meksiko contohnya, ketindihan dipercaya sebagai adanya arwah orang meninggal dan nempel di badan korban. Di China hantu tukang tindih ini mengganggu dengan cara menekan tubuh orang. Beda halnya di Afro Amerika yang percaya si tukang tindih lagi naik di bahunya si korban. 

Lebih ekstrim lagi, di Islandia percaya bahwa hantu ini duduk di atas dada korban dan berusaha untuk bikin orang tersebut sesak napas dan akhirnya mati lemas. Di Kamboja, Laos, dan Thailand percaya ketindihan itu karena ada hantu yang menahan tubuh korban untuk tinggal di alam neraka.

Memang kedengarannya serem. Dari yang ngantuk, setelah tau kisah di balik fenomena ini jadi melek maksimal dan ga berani terlelap. Tapi tenang... Ada penjelasan medis untuk mitos yang ga tau benar atau enggaknya ini.

Kasus ketindihan itu wajar. Dalam dunia medis, ini disebut sleep paralysis. Menurut penelitian, 20 - 45% dari kita seenggaknya pernah mengalami sleep paralysis 1x dalam seumur hidup. Kenapa bisa terjadi? Singkatnya, seseorang akan mengalami 4 fase waktu tidur.
Fase 1 : saat kamu masih setengah sadar.
Fase 2 : mulai tertidur.
Fase 3 : tidur lebih dalam.
Fase 4 : saat kamu mimpi. Fase ini disebut dengan fase REM (Rapid Eye Movement).

Normalnya saat tidur, kamu akan melewati 4 fase tersebut secara berurutan. Tapi kalau tidak berurutan, misalnya dari fase 1 lompat ke fase 4, maka sleep paralysis ini bisa terjadi.

Di fase ke 4 itu dimana kita lagi asik bermimpi, otak sedang mengistirahatkan otot – otot, dengan kata lain kita akan dilumpuhkan sementara dan akibatnya tubuh ga bisa bergerak. Jadi wajar kalau tiba – tiba bangun tapi ga bisa gerak sama sekali. 

Nah terus, gimana ceritanya kalau lagi sleep paralysis, tapi ada sosok – sosok aneh di sekitaran? Tenang... Itu hanya halusinasi. Karena terbangun di fase mimpi, otak kamu masi terbawa – bawa sama halusinasi!

Photo Cover Source : davidwolfe.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar