Jangan Ngantuk Terus di Kantor! Atasi Dengan 12 Tips Ini.

Jangan Ngantuk Terus di Kantor! Atasi Dengan 12 Tips Ini.



Sering ngantuk di kantor? Bawaannya pengen tidur mulu tiap pagi atau habis makan siang? Mau kerjain tugas yang numpuk, ehh... Malah kehambat gara – gara si ngantuk n cape. Memang biasanya buat ngatasin ini, kita selalu milih untuk minum kopi. Berkat kafein dari si kopi, bawaannya jadi melek n semangat buat kerja. Tapi lho, ga selamanya kamu bisa andalin kopi untuk obatin rasa ngantuk. Terlalu banyak kafein ga bagus untuk tubuh kamu! Yuk coba cara alami buat usir rasa ngantuk di kantor tanpa bantuan kafein!

1.      Jalan ke luar
Photo Source : talkinted.blogspot.com
Bisa jadi gara – gara cahaya komputer, lampu – lampuan di kantor, serta AC dingin yang jadi penyebab ngantuk kamu makin parah. Apalagi terkadang cahaya dari monitor komputer bisa bikin mata makin cape. Coba untuk keluar sebentar dari kantor, jalan – jalan di sekitar taman atau pergi jajan di kantin. Sepulangnya, pasti kamu akan merasa lebih segar.

2.      Tidur sejenak
Photo Source : thestar.ie
Kalau udah ngantuk parah, disarankan untuk curi waktu tidur sekitar 5 – 10 menit. Menurut Hiromi Shinya, penulis buku Miracle of Enzyme, tidur selama 5 menit atau maksimal 30 menit (power nap) dapat membantu kamu bangun dengan kekuatan penuh. Percaya ga percaya, tidur singkat ini bisa bikin kamu segar dan tambah melek. Bandingkan kalau kamu tidur lebih dari 30 menit, malah akan bikin badan kamu makin lemes & tidur lagi.
3.      Olahraga
Photo Source : mobil88.astra.co.id
Dengan berolahraga, jantung kamu akan bergerak lebih cepat dan mengeluarkan keringat, akibatnya tubuh kamu juga akan semakin produktif. Coba lakukan olahraga seperti lari turun naik tangga, lompat – lompat , yoga atau apa saja sampai berkeringat!
4.      Ganti posisi duduk
Photo Source : ergonomics.com.au
Posisi duduk ternyata bisa bikin kamu makin ngantuk! Coba atur posisi kamu dengan duduk tegak sampil bersila, atau dekatkan badan kamu dengan komputer. Kalau duduk nya lemes atau gaya males, otak juga bakal ikutan ngantuk.
5.      Ngemil
Photo Source : qerja.com
Tanpa kamu sadari, ngunyah dapat ngebantu kamu untuk ngelupain rasa ngantuk lho. Apalagi ngemil yang pedes – pedes, dijamin melek maksimal... Tapi noted, jangan coba makan makanan berat karena bisa memicu kamu jadi males bekerja. Makanan pedas bisa bikin kamu tetap terjaga. Ga hanya menangkal kantuk, tapi juga bisa jadi sumber makanan energi.
6.      Dinginkan kepala
Photo Source : loop.co.id
Coba cuci muka dengan air dingin, terus minum air super dingin ditambah lemon. Makin kamu minum, makin seger! Atau kamu bisa cobain buat taroh potongan es di pergelangan tangan atau dahi kamu. 
7.      Picu otak bekerja
Photo Source : drinkbomb.com
Dorong otak kamu buat bekerja! Semakin otak kamu jalan, semakin cepat kamu lupain ngantuk. Buktinya, kalau kamu lagi dikejar – kejar deadline, bawaannya pasti panik kan, bukan ngantuk? Hehe... Kamu bisa luangkan waktu sebentar buat main Sudoku atau isi TTS biar makin melek.  
8.      Nonton film/cerita horror
Photo Source : layarkaca21.tv
Mendengar cerita atau nonton film horror akan memicu ardenalin kamu meningkat secara otomatis. Setelah itu, rasa ngantuk kamu akan menghilang perlahan – lahan. Adrenalin yang semakin meningkat juga akan bikin kamu terus melek n waspada. 
9.      Bercanda
Photo Source : kapow.com
Dengan tertawa, kamu akan merasa lebih segar. Cobalah untuk sedikit bersosialisasi dengan rekan kantor saat jam kerja. Kalau serius terus, bawaannya bikin ngantuk dan ga semangat. Kalau memang ga bisa, coba untuk nonton video lucu. 
10. Pakai wewangian
Photo Source : brilio.net
Kalau kamu pakai parfum, pilihlah parfum rasa buah atau rasa – rasa yang menyegarkan. Hindari untuk menggunakan wangi lavender karena akan bikin kamu makin ngantuk. Habis semprotkan parfum, dijamin suasana kerja kamu makin fresh dan otomatis mata kamu akan semakin melek.
11. Teteskan obat mata kering
Photo Source : health.detik.com
Ngantuk bisa jadi karena mata kamu lelah atau kekeringan. Coba teteskan obat mata kering yang bisa kamu beli dari klinik atau apotik. 
12. Online shopping
Ngantuk karena bosen? Coba cuci mata aja dengan belanja online. Siapa tau dengan penawaran – penawaran n promo menarik bisa bikin mata kamu melek maksimal. Untuk cari deals – deals menarik, kamu bisa visit www.evoucher.co.id! ;)



Photo Cover Source : medicalnewstoday.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar