Kenali BAHAYA Penggunaan Headset!!!

Kenali BAHAYA Penggunaan Headset!!!



Handphone, MP3 Player dan headset ibarat sepaket benda yang ga bisa ketinggalan kalau lagi naik kendaraan umum, bekerja, workout ataupun sekedar bersantai. Penggunaan headset memang sangat praktis dan personal. Oleh karena itu, banyak banget orang yang menjadikan headset sebagai teman dalam melakukan segala aktivitas. Tapi taukah kamu, penggunaan headset yang berlebihan dapat menimbulkan kerusakan pada telinga? Bahkan jika hal ini terus – terusan dibiarkan, akan berdampak pada kerusakan otak! Apa saja potensi penyakit yang akan timbul akibat pemakaian headset? Simak!

1.       Penurunan Kemampuan Mendengar
Photo Souce : sehatfresh.com
Penggunaan headset dengan volume yang keras dan terus menerus dapat mempengaruhi kemampuan mendengar kita. Misalnya yang tadinya kita bisa mendengar dari jarak 15 meter, karena menurunnya kemampuan mendengar, maka kita hanya bisa mendengar dengan jelas pada jarak 5 meter.

2.       Kerusakan Telinga Permanen
Photo Souce : Konfrontasi.com
Frekuensi penggunaan headset yang non stop dengan volume suara yang keras dapat mengakibatkan ketegangan pada telinga yang dampaknya adalah pecahnya gendang telinga, bahkan berpotensi tuli. Oleh karena itu, batasi pemakaian headset dan usahakan untuk mengistirahatkan telinga setiap 1 jam selama 5 – 10 menit. Sangat dianjurkan juga untuk menyetel  suara tidak lebih dari batas 70%.

3.       Kerusakan Otak
Photo Souce : Merdeka.com
Headset dapat memancarkan gelombang elektromagnetik yang diyakini dapat memicu kerusakan otak karena radiasi yang dimilikinya. Hal ini dibuktikan dengan salah satu percobaan yang pernah dilakukan pada tikus dan tumbuhan. Pada tikus, kerusakan otak terjadi karena paparan gelombang radiasi yang dipancarkan oleh musik keras terus menerus. Sedangkan pada tumbuhan, perlakuan yang sama juga dilakukan dan mengakibatkan tumbuhan tersebut perlahan layu. 

4.       Infeksi Telinga
Photo Souce : Bangkapos.com
Jangan meminjamkan headset kamu pada orang lain. Takutnya, bakteri di telinga berpindah ke headset dan mengakibatkan infeksi pada telinga. Jangan lupa juga untuk selalu rajin membersihkan headset  agar terhindar dari radang pada rongga telinga. Simak video cara membersihkan headset dibawah ini :
video

 Photo Cover Source : Absolute Ability
Video by : 5 Minute Crafts

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar