AWAS!!! Hati – Hati Penggunaan Gadget Sebelum Tidur

AWAS!!! Hati – Hati Penggunaan Gadget Sebelum Tidur



Setiap bangun tidur, sarapan, berangkat kerja, ataupun sebelum tidur, gadget ga pernah lepas dari genggaman. Meskipun udah banyak rumor tentang bahaya penggunaan gadget yang tersebar, namun tampaknya kita sebagai manusia – manusia yang haus akan kecanggihan teknologi tak pernah menanggapinya dengan serius. Bahkan pemakaian gagdet udah kaya ritual yang harus dilakukan setiap sebelum tidur. FYI aja nih, buat kamu semua yang mainannya gadget sebelum tidur, simak deh dampak negatifnya yang udah dirangkum sedimikian rupa sehingga gampang dimengerti!

1.       Menggaggu Tidur
Photo Source : SHA Wellness Clinis
Menurut penelitian yang dilakukan oleh Yayasan Kesehatan BMJ Open, layar LED gadget yang mengeluarkan cahaya biru diyakini dapat menghambat produksi hormon melatonin yang bisa bikin kamu ngantuk. Jadi kalau kamu berniat untuk tidur lebih cepat, jauhi mata kamu dari gadget minimal 1 jam sebelum jam tidur.

2.       Sedih berkepanjangan
Photo Source : Oprah.com
Dari studi yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan bahwa sinar LED pada gadget yang berlebihan akan mempengaruhi mood, menyebabkan depresi, merusak semangat dan stamina seseorang ketika ia bangun di pagi hari.

3.       Menambah Berat Badan
Photo Source : Female.com
Menurut penelian dari Northwestern University di Chicago, penggunaan gadget waktu jam tidur dapat menyebabkan berat badan bertambah. Ga hanya itu, resiko ini juga akan terjadi meski kamu hanya mengisi baterai gadget di samping tempat tidur. Mengapa bisa terjadi? Paparan sinar biru dari gadget selama 3 jam dapat meningkatkan produksi hormon ghrelin yang berfungsi untuk memberikan sinyal lapar sehingga bawannya pengen makan. Dan kalau hal ini terjadi berulang kali, bersiaplah untuk bertambah berat badannya.

4.       Resiko Kanker
Photo Source : Faktakanker.com
European Journal of Cancer Prevention menyebutkan paparan sinar dari gadget dapat membawa radiasi yang dapat memicu resiko kanker payudara. Penelitian ini pernah dilakukan pada para pekerja malam yang sering terkena paparan sinar radiasi gadget. Para peneliti berasumsi bahwa meningkatnya hormon estrogen dari sinar lampu biru gadgetlah yang memicu munculnya kanker payudara.   

5.       Merusak mata
Photo Source : Solusisehatku.com
Akibat paparan sinar biru dari gadget, retina seseorang akan cepat mengalami stress. Hal ini dapat menyebabkan gangguan pada penglihatan yang biasanya dialami orang berusia lanjut. Dalam kasus yang ekstrim, retina yang stres dapat menyebabkan kebutaan. Selain itu, cahaya gadget juga dapat meracuni retina.

6.       Resiko diabetes Tipe 2
Photo Source : PatientsEngage
Berdasarkan penelitian dalam Journal Chronobiology International menyatakan bahwa seseorang akan lebih mudah terkena diabetes tipe 2 saat mereka menggunakan gadget 4 jam sebelum tidur. Resiko ini bahkan berpotensi lebih besar pada orang – orang yang berusia lanjut.

Photo Cover Source : Faranggi Eva Lutvika

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar