12 Cara Bikin WorkLife Kamu Makin Bewarna!

12 Cara Bikin WorkLife Kamu Makin Bewarna!



Sebagian besar dari kamu yang kerja kantoran pasti ada aja ngerasain kejenuhan dari rutinitas bekerja. The best moment yang paling dinanti hanya datang ketika weekend, TGIF, ataupun gajian. Sisanya? *Nungguin hari libur*. Sebenarnya kerja itu ga akan ngebosanin kalau kamu bisa terapin strategi-strategi untuk memotivasi kamu agar lebih produktif. Berikut 19 cara yang udah Evoucher rangkum biar worklife kamu makin fun! 

1.      Be a Ms/Mr Snack
Photo Source : Pinterest
Tiap ada makanan/snack gratis di kantor, pasti semua orang akan berkerumunan kaya burung-burung kelaparan yang saling berebut makanan. Disini, kamu boleh mengambil peran jadi si Ms/Mr Snack yang mensupply rekan-rekan kerja kamu dengan snack gratis. Dijamin suasana kerja kamu akan berasa seperti lagi party.

2.      Siapkan Games
Photo Source : Pinterest
Memang kalau di dunia kerja, tuntutan bos, klien, serta deadline itu menjadi penyebab utama otak yang stress dan tertekan. Untuk melepas sedikit ketegangan kerja, game bisa jadi salah satu alternatif yang efektif. Bawalah permainan seperti kartu UNO, catur, ular tangga, atau monopoli, kemudian mainkan bersama rekan kerja kamu saat lagi senggang. Jadikan game ini sebagai salah satu to do list yang harus kamu lakukan setiap harinya agar mindset kerja kamu yang setiap harinya hanya “besok deadline apa ya?” bisa berubah jadi “besok main game apa ya?”. Lebih fun toh?

3.      Rencanakan Outing
Photo Source : Pinterest
Bila boss/manajer kamu bisa di ajak berunding, monggo usulkan outing bersama dengan rekan-rekan kerja. Ga perlu sampai outing ke luar negeri kok, cukup ke Bandung, Bogor, Jogja, atau Bali, atau kemanapun asalkan bisa meninggalkan tekanan kerja untuk sementara waktu. Dengan adanya rencana outing pun, pikiran kamu yang tadinya hanya terfokus dengan pekerjaan, bisa diselingi dengan imajinasi outing yang pastinya bikin kamu tambah semangat.

4.      Dekor Meja Kerja
Photo Source : Pinterest
Meja kerja yang berantakan dan redup memang bisa banget jadi penyebab utama kamu merasa jenuh. Sudahlah ga enak di pandang, juga bikin semangat kerja kamu makin drop. Cobalah untuk merapikan plus mendekor meja kerja sesuai dengan kepribadian kamu. Dijamin banget bisa mem-boost up semangatmu dalam bekerja!

5.      Istirahat
Photo Source : Pinterest
Berikan kelonggaran untuk memanjakan diri saat lagi bekerja. Hal ini bisa kamu lakukan dengan cara mengistirahatkan mata dan merengganggkan otot-otot badan di luar kantor setiap 3 jam. Udara segar bisa membantu kamu untuk melepas stress setelah berlama-lama menatap layar komputer.

6.      Bentuk Geng Makan
Photo Source : Pinterest
Punya teman dan bisa bersosialisasi dengan rekan-rekan kerja punya peranan yang penting untuk mendorong semangat seseorang buat ga bolos kerja. Bayangkan jika kamu ga punya teman sama sekali sehingga selama bekerja 9 jam hanya berinterakasi dengan komputer. Alangkah lebih bagusnya lagi kalau kamu bisa membentuk kelompok pertemanan seperti ‘geng’ makan, ‘geng’ penggemar K-pop, ataupun ‘geng-geng’ lain yang bisa lebih mengakrabkan sesama rekan kerja. But noted, jangan berkubu - kubu apalagi menganak tirikan orang – orang yang bukan bagian dalam ‘geng’. ‘Geng’ ini hanya sebagai motivasi kamu agar kerja semakin fun.

7.      Bawa Tanaman
Photo Source : Pinterest
Berguna banget untuk menyegarkan lingkungan sekitar meja kamu. Ga hanya itu, tanaman juga bisa memberikan suasana yang tenang biar ga tegang kalau di kejar – kejar deadline.

8.      Bawa Peliharaan
Photo Source : Pinterest
Kalau kamu beruntung dan masuk ke kantor yang memperbolehkan karyawannya membawa binatang peliharaan, bawalah. Ga hanya bisa menghibur kamu seorang, tapi mereka juga bisa membangun suasana fun seisi ruangan. 

9.      Rayakan Setiap Event
Photo Source : Pinterest
Event seperti ulang tahun rekan kerja, pesta Halloween, selamatan kenaikan pangkat, masuknya karyawan baru, semua bisa kamu rayakan! Tak perlu dirayakan besar-besaran, cukup dengan patungan kue, memakai kostum samaan, atau bagi-bagi snacks sudah bisa membuat lingkungan kerja kamu semakin akrab dan bewarna.

10. Pranks
Photo Source : Pinterest
Becandaan di kantor dan ketawa bareng rekan kerja akan membuat worklife kamu semakin seru. Untuk mengundang tawa, cobalah beberapa pranks bersama rekan kerja dan lakukan kepada orang-orang secara bergilir. Memang sih peer buat bikin prank, tapi seenggaknya ini kerjaan simpel yang bisa bikin kamu happy ketimbang kerjaan kantor yang monoton. 

11. Tantang Rekan Kerja
Photo Source : Pinterest
Ajak rekan kamu untuk berlomba siapa yang lebih cepat mengerjakan sesuatu. Dengan adanya tantangan ini, motivasi untuk bekerja pun semakin meningkat. Terapkan rewards buat yang menang dan punishment untuk yang kalah seperti traktir makan siang atau eskrim. 

12. The Power of Sticky Notes
Photo Source : Pinterest
Sticky notes jangan hanya digunain untuk bilang ‘thank you’ atau ‘list to do’. Biar suasana kantor makin harmonis, coba gunain sticky notes untuk memuji atau menyemangati rekan kerja kamu. Tulisan – tulisan seperti ‘Alis mata kamu rapi hari ini’, ‘pomade kamu bagus, mereknya apa?’,  atau sekedar ‘Semangat!’ bisa bikin kamu dan rekan kerja makin akrab plus enjoy dengan lingkungan kerja.

Sobat Evoucher, jangan beranggapan tips – tips diatas hanya mendorong kamu buat senang-senangan doang ya kantor. Ingat, be professional juga dalam bekerja. Jangan hanya have fun melulu, tapi harus diimbangi dengan kerja maksimal yang diekspektasi oleh perusahaan. For your information, kerja ga perlu di bawa stress, pandai – pandailah mengatur waktu dan kerjaan biar bisa enjoy dengan rutinitasmu :)


Cover Photo Source : Pinterest

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar