21 Destinasi Wisata di Bogor yang Kudu Kamu Datengin!

21 Destinasi Wisata di Bogor yang Kudu Kamu Datengin!

Bogor, kota dengan segudang hiburan yang biasanya menjadi tujuan wisata untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama teman dan keluarga. Selain jaraknya yang dekat, harganya yang pas di kantong pun menjadikan kota yang satu ini sebagai alternatif untuk berwisata hemat. Yuk simak 23  tempat wisata di Bogor yang mungkin bisa kamu jadikan tempat untuk liburan!

 

1.  The Jungle Water Adventure
Bila kamu ingin berekreasi bersama keluarga, The Jungle Water Adventure merupakan tempat yang tepat! Tempat rekreasi yang lagi hangat-hangatnya dibicarakan saat ini dibangun dengan konsep outdoor nan hijau yang memiliki latar pemandangan gunung Salak dan Gunung Pangrango. 
Tidak diragukan lagi, tempat ini merupakan spot yang tepat buat berfoto ria!
Tidak hanya itu, Water park ini menyediakan beragam wahana permainan air yang ‘worth it’ untuk dikunjungi seperti Slide Pool, Kiddie Pool, Spiral Side, Tube Slide, hingga Racer Slide.
Tidak ketinggalan, adapula Fountain Futsal yang merupakan area anak-anak untuk bermain futsal dengan sensasi semburan air dari bawah, serta Sinema 4D yang tak kalah dari sinema 4D di Dufan Ancol.
Selain untuk bermain, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk sekedar bersantai di Leisure Pool sambil menyantap makanan dan minuman ala-ala selebriti.
Photo Source : ditanya.com


2.  Kebun Raya Bogor & Istana Bogor

Rekomendasi bagi kamu yang suka dengan lingkungan outdoor nan hijau dan sejuk! Disini kamu dapat menemukan 15.000 jenis pohon dan tanaman yang tentunya dapat menambah pengetahuan kamu tentang kehidupan flora.
Tidak hanya itu, kamu dapat menemukan danau, jembatan gantung, hingga halaman belakang Istana Bogor yang tentunya kece bila dijadikan latar untuk berfoto. Hehe.
Oh iya, kamu juga dapat menikmati pemandangannya sambil menikmati kuliner dari Cafe De Daunan yang ada di sana! Photo Source : @qoriakbar


3.  Museum Etnobotani

Mendengar kata museum, pasti tak akan jauh dari koleksi-koleksi bersejarah. Ya, begitu pula di Museum Etnobotani.  Jika kamu suka dengan barang bersejarah milik suku asli di Nusantara, museum ini merupakan destinasi yang tepat untuk berakhir pekan! Sembari berekreasi, kamu juga dapat menambah pengetahuan kamu soal pemanfaatan aneka tumbuhan yang dilakukan oleh suku-suku pedalaman di Indonesia. Misalnya, bagaimana mereka memanfaatkan tumbuhan untuk dijadikan obat, pakaian, hingga atap rumah!
Photo Source : thearoengbinangproject.com




4Kampung Budaya Sindangbarang
Inilah tempat yang patut kamu kunjungi bila ingin mengetahui tentang kearifan lokal dari tradisi leluhur yang ada disana! Sindangbarang merupakan keraton tempat salah satu istri Prabu Siliwangi tinggal. Disini kamu dapat melihat-lihat bangunan rumah penghuni kampung dengan struktur arsitektur yang masih kuno. Bila kamu datang di waktu yang pas, kamu dapat pula menyaksikan kesenian asli masyarakat Sunda seperti tarian tradisional, calung, serta angklung gubrag. Sungguh menawan bukan?
Photo Source : @yuniherli




5.  Museum Pembela Tanah Air

Ingat pelajaran SD kamu soal penjajahan Jepang di Indonesia? Di museum ini, kamu bisa menemukan catatan perjuangan bangsa Indonesia loh menuju kemerdekaan. Sebagai kaum muda penerus bangsa, kamu dapat mengasah rasa nasionalisme yang mungkin udah lutur diterpa oleh perkembangan teknologi disini.
Photo Source : indonesiakaya.com




6Situ Gede

Pengen jalan-jalan di kawasan syuting film dan sinetron di televisi? Yuk mampir di Situ Gede! Kawasan ini sering menjadi destinasi harian masyarakat Bogor. Disini kamu bisa berjalan-jalan di area hutan hijau Situ gede, memancing, berperahu, atau hanya sekedar bersantai dan menghabiskan waktu hingga matahari terbenam.
Photo Source : @saint_87



7.  Marcopolo Water Adventure
Tempat rekreasi  yang satu ini merupakan destinasi yang cocok bagi hiburan keluarga dan anak-anak. Disini kamu dapat berenang di kolam air, kolam arus, kolam air hangat, serta kolam arus! Banyak wahana yang dapat kamu nikmati bersama keluarga seperti permainan banana boat, waterboom, air mancur, geitser, hingga ember tumpah. Kamu juga dapat menemukan fasilitas lain di outdoor seperti flying fox, mancing, sepeda air dan masih banyak lagi.
Photo Source : @dwiprof




8Warso Farm
Bila kamu penggemar buah durian, kamu patut mengunjungi tempat yang satu ini! Warso Farm merupakan perkebunan yang menjadi pusat argowisata buah durian di Indonesia. Kamu bisa menemukan kurang lebih 900 pohon durian loh disini. Bila kamu ingin menyantap langsung durian dari Warso Farm, kamu dapat memesannya dari tempat yang telah menyediakan berbagai hidangan buah durian. Jangan lupa juga ya untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh!
Photo Source : @jmh1004



9.  Prasasti Batu Tulis
Prasasti ini dibuat dengan tujuan untuk mengenang kebesaran Prabu Siliwangi yang telah memimpin Kerajaan Pajajaran di kala zaman 1500an. Kamu dapat menyaksikan Batu Tapak, meja batu bekas tempat sesajen, batu bekas sandaran tahta raja, batu lingga, hingga lima buah tongkat batu yang merupakan pengiring dari batu lingga tersebut. Bila bepergian ke Bogor, boleh mampir ke lokasi yang satu ini!
Photo Source : @iki.scoot


10.  The Highland Park Resort
Ingin menikmati resort ala Mongolia? Disini tempatnya! Dari luar, bentuknya seperti tenda-tenda. Namun bila kita lirik ke dalam, interiornya sungguh menawan. Fasilitasnya dilengkapi dengan AC, tempat tidur, sofa bed, shower, wastafel, hingga keramik permanen. Selain tempat menginap, The Highland Park Resort juga menawarkan permainan flying fox, futsal, kolam berenang, hingga berkuda di sekitaran resort. Anyway, disini juga merupakan salah satu spot yang keren untuk berfoto karena resort ini berdiri dengan latar landskap indah Gunung Salak!
Photo Source : booking.com



11Taman Safari Indonsia
Cocok bagi kamu yang suka menelusuri ragam satwa di Indonesia. Taman ini merupakan taman safari pertama di Indonesia yang menampung sekitar 2.500 spesies satwa. So, bisa dibilang tempat ini menjadi ladang satwa legendaris di Bogor untuk piknik bersama keluarga.
Untuk menikmati keindahan satwa liar di habitat aslinya, kamu dapat menggunakan kereta gantung. Namun bila ingin melihat dari jarak dekat, kamu bisa membawa mobil pribadi untuk berkeliling di area tersebut. Tapi jangan coba-coba untuk keluar dari mobil ya.
Oh iya, selain bisa berkeliling, kamu juga dapat berfoto dengan anak-anak satwa di Baby Zoo dan menyaksikan Wild Wild West yang menampilkan atraksi koboi!
Photo Source : ariechicarito.blogspot.com


12Taman Wisata Matahari
Rekomendasi bagi kamu yang ingin berwisata sembari mengedukasi anak-anak melalui kegiatan outbond. Taman Wisata Matahari merupakan salah satu tempat terfavorit di kawasan Bogor bagi para keluarga untuk menghabiskan akhir pekannya.
Di tempat ini tersedia sektor untuk wisata, edukasi, serta alam. Di sektor wisata kamu bisa menikmati permainan flying fox, arum jeram, mini outbong, ATV, hingga wahana rumah hantu. Sedangkan di sektor edukasi anak-anak,  kamu dapat menemukan wahana agro sawah dan kebun sayur dan juga permainan yang diperuntukkan khusus untuk anak-anak. Ada juga sektor alam yang di dalamnya terdapat wahana air dan danau, cocok untuk bersantai dan menikmati keindahan alam.
Photo Source : tamanwisatamataharipuncak.id   


           

13.  Agro Gunung Mas
Ingin melarikan diri dari hiruk pikuk polusi udara di ibukota? Yuk langsung aja mampir ke Agro Gunung Mas untuk menghirup udara segar! Tempat ini juga merupakan salah satu spot terfavorit untuk berfoto di tengah hamparan hijau dari kebun teh. Kamu juga dapat bermalam di penginapan Agro Gunung Mas untuk menikmati suasana segar di pagi harinya.
Photo Source : dlajah.com                          
                                       

14.  Curug Cilember
Tempat ini sangat cocok bagi kamu yang suka menikmati keindahan alam khususnya air terjun. Curug Cilember merupakan salah satu tempat wisata air terjun yang paling terkenal di Bogor. Disini kamu tidak hanya disuguhi 1 air terjun saja, tapi ada 7 air terjun setinggi kurang lebih 800 dpl yang siap menjadi latar fotografi untuk mengabadikan momen-momen kamu.
Tak hanya itu, kamu juga bisa mengunjungi laboratorium penangkaran kupu-kupu dan menikmati keindahan 12 jenis kupu-kupu di area hutan rimbun tersebut.
Photo Source : jabarmerdeka.co




15Gunung Pancar
Ingin sekedar bersantai dan rileks menikmati hangatnya kolam air panas? Tempat satu ini merupakan pilihan yang tepat untuk menikmati permandian air panas di tengah kesejukan kawasan Bogor. Air Gunung pancar berasal dari mata air alami yang langsung di salurkan ke dalam kolam rendaman sehingga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk merileksasikan tubuh.
Selain menikmati kolam rendaman, area ini juga bisa kamu manfaatkan untuk camping, cycling,hiking, jogging, dan horsing.
Photo Source : klikhotel.com



16Air Terjun Bidadari
Tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai kalangan. Dengan keindahan air terjun berketinggian 75 meter, kamu bisa menikmati limpahan air yang bersumber dari mata air hutan lindung di area tersebut. Disana kamu dapat berenang di Wave Pool dan Lazy Pool, menikmati permainan flying fox dan perahu tangan.
Photo Source : anekatempatwisata.com



17.   Taman Budaya Sentul
Cocok buat kamu yang pergi berwisata dengan membawa anak kecil. Kamu bisa menghabiskan waktu seru-seruan disini dengan kegiatan outbond high ropes, trekking, fun games, serta paintball. Disini selain mendapat berbagai hiburan, anak-anak juga bisa diajak ke spot Culture Center  untuk belajar keterampilan melukis, membuat keramik, serta melukis. Tidak lupa, jika anda ingin menghabiskan waktu untuk bermalam, Taman Budaya Sentul juga menyediakan fasilitas untuk perkemahan serta pertemuan yang dibalut dengan suasana rindang dan nyaman.
Photo Source : suli.huang



18Taman Riung Gunung
Tidak kalah dari Agro Gunung Mas, Taman Riung Gunung juga menawarkan sensasi kebun teh yang mempesona. Kamu dapat mengitari taman untuk menikmati sensasi segar di atas gunung. Tidak hanya menyuguhkan pemandangan kebun teh, kamu juga disuguhkan dengan fasilitas kolam berenang, tempat bermain anak-anak, hingga perkemahan outdoor. Bila tidak ingin berkemah, kamu bisa menginap di penginapan yang dikelilingi oleh hamparan hijau khas kebun teh.
Photo Source : sangpengajar.com

  
 

19. Air Panas Ciparay
Menikmati hangatnya kolam air panas memang paling menyenangkan. Bila kamu ingin menghabiskan waktu untuk merenggangkan otot-otot tubuh, kamu patut mengunjungi tempat yang satu ini! Air Panas Ciparay merupakan tempat favorit wisatawan untuk menikmati hangatnya kolam air panas. Selain berendam, kamu juga dapat bersantai di saung-saung sambil menyantap indomie dan kopi panas dari warung-warung yang ada disana.
Photo Source : ayopelesiran.com


 

20The Jungle Adventure Theme Park
Bagi kamu pecinta kuliner, tempat ini merupakan alternatif tepat untuk menghabiskan liburan kamu. Selain menyediakan 31 aneka wahana dan ragam atraksi, menu-menu kuliner nusantara juga banyak ditawarkan disana. So, jangan takut untuk kelaparan setelah bermain seharian di area ini!
Photo Source : travel.kompas.com



21Taman Wisata Mekarsari
Cocok banget untuk kamu yang ingin membawa pulang buah-buahan segar. Taman buah yang berdiri diatas lahan seluas 264 Ha ini merupakan taman buah terbesar di Indonesia yang menjadi salah satu tempat wisata yang paling diminati di Bogor. Anda dapat menikmati pesona tanaman buah-buahan menggunakan kereta kelililng yang mengitari area Taman Wisata Mekarsari.
Tidak hanya menawarkan keindahan kebun buah, kamu juga dapat menemukan danau dan menikmati permainan banana boat, aqua bike, angsa air, hingga floating donut!
Photo Source : zoonawisata.com

So, tunggu apalagi nih Guys, yuk langsung aja samperin tempat-tempat ini! ;)

Tags :

15 komentar:

  1. Emang bagus bagtttt bogorrrrr bentar lagi otw bogorrrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Rahman.
      Benar sekali! Bagaimana akhir pekannya di Bogor?
      Pastinya seru kan? ;)

      Hapus
  2. Sekali cona ketagihan pasti..tempat nya sejuekkkk bngetttt...kpan lg bisa ada di tempat sejuk...yu buruan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar banget, Rahman!
      Terima kasih ya sudah mampir ke halaman Evoucher.
      Selamat beraktivitas :)

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hai Denny.
      Bogor memang keren sekali ya!
      Terima kasih sudah mampir ke halaman Evoucher. :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hai Denny.
      Bogor memang keren sekali ya!
      Terima kasih sudah mampir ke halaman Evoucher.
      Selamat beraktivitas ya :)

      Hapus
  5. Balasan
    1. Hallo Dwi.
      Betul sekali! Yuk Weekend nanti mampir ke Bogor.
      Terima kasih sudah mampir di halaman Evoucher.
      Selamat beraktivitas! :)

      Hapus
  6. Tambahim satu lagi, yaitu Taman Bunga, hehe..

    BalasHapus
  7. Artikel bagus tp sayang tdk diberikan petunjuk arah atau alamat yg jelas tempat destinasiwisata tsb.

    BalasHapus
  8. Artikel bagus tp sayang tdk diberikan petunjuk arah atau alamat yg jelas tempat destinasiwisata tsb.

    BalasHapus
  9. Tambah dua lagi,,,,taman bunga nasional dan kebun raya cibodas,,,banyak juga curug" lainnya hehehe,,,,kasih alamatnya sekalian biar org yg mau ke daerah bogor bisa tau ,,,

    BalasHapus