Penggemar Teh Hijau, Ketahui Efek NEGATIFNYA!

Penggemar Teh Hijau, Ketahui Efek NEGATIFNYA!



Sobat Evoucher, teh hijau memang sering kali menjadi teman favorit kita pas lagi beraktivitas. Cara penyeduhannya yang mudah, praktis, dan mempunyai sejuta manfaat pastinya menjadi faktor utama yang mendorong kita untuk terus-terusan nyeduh. Walaupun punya segudang kebaikan, ternyata teh hijau juga menyimpan dampak yang buruk kalau terlalu sering di konsumsi. Monggo disimak! :)
Photo Source : rona.metrotvnews.com
 -       Menganggu penyerapan zat besi
Menurut pakar gizi Mike Roussell, PhD., kandungan tanin yang terdapat dalam teh hijau dapat menghambat penyerapan zat besi non-heme. Artinya bila terlalu banyak konsumsi teh hijau dapat membuat tubuh kekurangan zat besi dari sumber nabati seperti telur, susu, dan kacang-kacangan.
Bila tubuh kekurangan asupan zat besi, akan berimbas pada lemahnya tubuh, cepat lelah, kurang tenaga dan produktifitas kerja menurun. Selain itu juga berakibat menurunkan daya ingat, fungsi mental, dan kecerdasan.

-          Menyebabkan naiknya asam lambung
Bagi penderita asam lambung, konsumsi teh hijau berlebihan juga berpotensi menaikkan kadar asam lambung. Hal ini dipicu oleh kandungan tanin dalam teh yang mendorong lambung untuk memproduksi asam lebih banyak.

-          Mengganggu sekresi hormon
Bila tubuh mengkonsumsi terlalu banyak teh hijau akan berakibat pada gangguan sekresi hormon. Hasilnya, keseimbangan hormon terganggu dan dapat merambat ke masalah perut, depresi, mood terganggu, nyeri kepala, gangguan tidur, jerawat kronis, hingga siklus menstruasi yang tidak teratur.  

-          Mengganggu kesehatan janin
Kandungan kafein pada teh hijau bisa mengakibatkan gangguan pada otak janin sehingga sulit untuk berkembang. Pada teh hijau sendiri, kandungan kafein berkisar sekitar 32 mg. Penelitian American Journal of Obstetrics and Gynecology mengatakan bahwa mengkonsumsi 200 mg kafein dalam sehari bisa meningkatkan resiko keguguran hingga 15%.

-          Insomnia
Tidak hanya kopi yang mempunyai kandungan kafein, teh juga memiliki kadar kafein yang cukup tinggi. Minum teh hijau berlebihan dapat pula menyebabkan pusing-pusing dan jantung berdebar keras. Kalau kamu kepengen begadang, boleh deh minum teh buat gantiin kopi.  :P

Selain ga boleh minum terlalu banyak, perlu diperhatikan ada beberapa kategori orang yang pantang minum teh hijau, antara lain :

1.      Orang yang sedang demam
Minum teh buat orang demam tidak bisa menurunkan suhu panas badan, malah sebaliknya. Hal ini dikarenakan kandungan theophylline dalam teh yang memicu suhu badan naik dan menghilangkan fungsi obat dalam menurunkan suhu badan.

2.      Orang dengan tekanan darah tinggi & pengidap penyakit jantung
Bagi penderita darah tinggi dan penyakit jantung dilarang untuk minum teh kental. Mengapa? Kadar kafein dalam teh dapat merangsang peminum & menaikkan tekanan darah. Jika minum teh kental, jantung akan berdetak cepat dan memicu kegelisahan.

3.      Wanita hamil
Kandungan tanin dalam teh dapat menghambat penyerapan zat besi pada tubuh. Sedangkan wanita hamil membutuhkan banyak nutrisi untuk perkembangan kandungannya. Bila bayi dalam kandungan kekurangan asupan zat besi, maka akan beresiko lahir dengan menderita anemia.

4.      Wanita menyusui
Kafein yang terkandung dalam teh dapat mengurangi pengeluaran ASI. Tidak hanya itu, kafein bisa masuk ke dalam tubuh bayi lewat ASI yang diminumnya. Hal ini bisa mengakibatkan usus bayi menjadi kejang dan memicunya menangis tak henti.

5.      Orang yang lemah saraf & insomnia
Sistem saraf akan berfungsi sangat cepat karena kandungan kafein yang terdapat dalam teh. Hal ini mengakibatkan naiknya metabolisme dasar dalam tubuh yang bisa memicu kegelisahan dan kesulitan tidur.

Saran dari Dokter Hiromi Shinya dalam buku The Miracle of Enzyme :
-          Pilih air putih daripada teh untuk diminum
-          Gunakan daun teh hijau organik
-          Minum teh setelah makan, bukan pada saat perut kosong
-          Batasi minum teh hijau, maksimal 2-3 cangkir per hari

Sobat Evoucher, ternyata selain mempunyai 1001 manfaat, teh hijau juga punya efek negatif buat kesehatan kamu. Dilansir dari Foods Standart Agency, batas maksimal seseorang mengkonsumsi kafein dalam sehari adalah 300mg. Angka ini setara dengan 6 gelas teh/3 cangkir kopi. So, dijaga juga ya porsi minum kamu. Seperti yang dikatakan pepatah, ‘Jangan berlebihan, jadilah manusia yang pas komposisinya. Racikan terbaik selalu pas di setiap takarannya’.


Salam Ngeteh! ;)



Source :
-          rona.metrotvnews.com
-          bintang.com
-          vitaceaeanangalovys.blogspot.co.id
-          kesehatanpedia.com
Photo Cover Source : ©2014 Merdeka.com/shutterstock/marylooo
GIF Photo Source : mobavatar.com


Tags :

5 komentar:

  1. Ya iya lah berlebihan. Segala sesuatu yg berlebihan ga bagus. Klo msh 1 cangkir sehari malah bagus. Di jepang aja banyak yg panjang umur krn mereka konsumsi teh hijau

    BalasHapus
  2. panjang umur bukan karena obat apa pun, tp dari allah

    BalasHapus
  3. Ya betul, saya setuju dgn suti e. Memang org Jepang terkenal usianya lama2 .. Akan tetapi harus anda ketahui karena mayoritas warga Jepang berpola hidup sehat. Bahkan jarang sekali mengkonsumsi junk food, maka dari itu penduduk Jepang segar bugar meskipun usia sudah memasuki 80an. Diimbangi suka berolahraga dan mengkonsumsi teh hijau. Bukan malah grgr teh hijau lalu panjang umur hahaha
    Id line:rizkytiaraaa ig:rizkytiarans (buat yg main line dan ig aja) yuk berteman hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siip. Liburan yook... Www.qoisgalleri.co.id

      Hapus
  4. Siip menambah ilmu
    Pingin liburan
    Cek ini yook
    Www.qoisgallery.co.id

    BalasHapus