Manfaat Mengejutkan Buah Durian Yang Kamu Belum Tau

Manfaat Mengejutkan Buah Durian Yang Kamu Belum Tau



Buah durian memang khas dengan baunya yang luar biasa menggiurkan. Walaupun sometimes ada juga orang-orang yang ga suka dengan baunya itu. Tapi, bagi para Evoucher Hunters yang suka sekali makan durian, berbahagialah. Why? Karena buah durian ternyata menyimpan berbagai manfaat bagi tubuh kamu! Apa aja itu, yuk simak :)

Photo Source : indiamart.com
Walaupun banyak yang takut makan durian untuk alasan kesehatan,
khususnya penderita hipertensi, namun sebetulnya durian mengandung berbagai kandungan gizi yang baik buat tubuh. antara lain :

1.       Protein
Bila kamu mengkonsumsi porsi 1 cangkir durian, maka sama dengan memberikan asupan protein sebanyak 3,6 gram ke dalam tubuh. Jumlah ini terbilang cukup untuk mencukupi kebutuhan protein di tubuh kita hingga 7,8 persen. Menurut studi dari American Journal of Gastroenterology, protein yang biasanya kita dapatkan dari daging ikan mempunyai dampak pada peningkatan resiko sindrom iritasi usus besar. So, alangkah lebih bila kalau asupan protein pada tubuh, kita dapatkan dari buah dan sayuran.

2.       Kalium
Sama seperti buah pisang, durian juga mengandung kalium yang berguna bagi kesehatan tubuh. Dalam 1 buah durian terdapat kandungan kalium yang cukup besar, mampu membantu pengontrolan tekanan darah dan berfungsi untuk menjaga kadar natrium serta membantu mengatur detak jantung.

3.       Karbohidrat
Porsi 1 cangkir durian mengandung sekitar 130 gram karbohidrat. Jumlah kandungan ini mencukupi setengah jumlah kalori yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. So, kalau kamu mau makan durian, usahakan sebelum atau setelahnya jangan mengkonsumsi terlalu banyak karbohidrat dulu ya. Hal ini bisa menyebabkan resiko penambahan berat badan. Hehe..

4.       Vitamin
Vitamin C yang terkandung dalam porsi 1 cangkir durian mampu memenuhi asupan vit.C yang diperlukan tubuh dalam kurun waktu 1 hari. Vitamin yang sangat bermanfaat buat tubuh ini berfungsi untuk membentuk kolagen dan sistem imun tubuh. Kolagen ini tentunya berguna banget terutama buat kulit kamu seperti mengurangi selulit, kerutan, dan mempercepat proses penyembuhan luka. Tak hanya itu, durian juga mengandung vitamin B-6 yang mampu mencukupi kadar asupan yang disarankan bagi tubuh setiap harinya.

5.       Zat besi dan Tembaga
Untuk membentuk sel darah merah, tubuh memerlukan tembaga dan zat besi untuk memproduksinya. Manfaat zat besi antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta melawan infeksi. 1 porsi buah durian menghasilkan sekitar 25% asupan tembaga yang direkomendasikan bagi tubuh per harinya. Zat-zat ini nantinya akan digunakan oleh tubuh untuk menjaga kesehatan tulang dan kulit. 

6.       Folat
Dalam satu porsi buah durian terkandung kurang lebih 20% kebutuhan folat harian pada tubuh. Asam folat ini bermanfaat untuk mencegah datangnya penyakit jantung, 

7.       Triptopan
Punya penyakit susah tidur? Insomnia? Mungkin bisa kamu atasi dengan buah durian. Buah yang satu ini memiliki kandungan triptopan yang dikenal sebagai obat tidur alami. Zat triptopan mengatur metabolisme menjadi berbagai neurotransmitter yang berperan membantu induksi tidur kita. 

8.       Tiamin
Dalam 1 buah durian mengandung sekitar 30% zat tiamin yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari. Tiamin berfungsi menjaga metabolisme karbohidrat dalam tubuh dan mengubahnya menjadi energi yang membantu menjaga kesehatan otot dan saraf.

Selain zat-zat bermanfaat yang terkandung dalam buah durian tadi, ada juga 2 penelitian yang mendukung fakta bahwa durian bermanfaat bagi tubuh kamu :
1.       Menurut Department of Pharmacology & Toxicology, School of Medicine, State University of New York di Buffalo, buah durian mengandung zat phytosterol yang bermanfaat untuk memperbaiki reaksi sel tumor pada tubuh sekaligus mencegah pertumbuhan dan timbulnya kanker.
2.       Penelitian Ohio State University menyebutkan buah durian mengandung zat phytonutrient yang berguna untuk mematikan zat penyebab gejala kanker, gejala diabetes, serta menurunkan resiko gejala penyakit jantung.
3.       Masih menurut Ohio State University, buah durian mengandung vitamin C dengan kadar tertinggi dibandingkan dengan buah-buah lainnya. Kandungan vit.C dalam durian berkisar sekitar 200mg/100 gr.



Memang sih, banyak mitos-mitos yang beredar tentang buah durian. Ada yang bilang kalau kolestrol, kamu ga boleh makan durian. Tapi apa benar? Simak sebentar!
1.       Mitos            : Kalau makan durian, harus makan manggis setelahnya untuk ngurangin panas dalam dari si durian. Benar?
Jawab           : Tidak. Menurut apa yang udah dipercayai masyarakat, manggis memang punya sifat untuk mendinginkan sehingga diyakini dapat mengurangi panas yang ditumbulkan si durian. Tapi hal ini tidak didukung oleh penelitian yang ilmiah. Kebiasaan makan manggis setelah durian mungkin muncul seiring dengan kesamaan musim panen dari kedua buah ini.
2.       Mitos            : Kalau makan durian dan bir akan menyebabkan kematian. Benar?
Jawab           : Hmm... Belum ada bukti ilmiah yang nunjukkin bahwa hal tersebut dapat menyebabkan kematian. Tapi, memang perpaduan dari durian dan bir bisa menyebabkan kembung, gangguan pencernaan, dan ga nyaman karena hati dipaksa bekerja lebih keras untuk metabolisme lemak dan gula dalam durian & alkohol. Terlebih kalau dikonsumsi secara berlebihan.
3.       Mitos            : Durian punya kolestrol yang tinggi. Benar?
Jawab           : Tidak. Sama sekali ga benar karena durian mengandung nol kolestrol. Kolestrol hanya ditemukan pada makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, produk susu, dan makanan laut. Notes, semua buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan makanan yang bersumber dari tanaman tidak mengandung kolestrol. Sebaliknya, durian justru mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang berfungsi menyehatkan jantung dan membantu menurunkan kadar kolestrol buruk.

FYI : Banyak mitos yang beredar seputar buah durian, tapi yang perlu sobat Evoucher ketahui, durian adalah buah yang bergizi. Bahkan kalau kamu makan dalam porsi yang cukup, durian akan memberikan asupan vitamin, mineral, dan lemak sehat bagi tubuh kamu. 

But notes, makan 2 hingga 3 biji durian sudah cukup untuk membantu tubuh untuk menjaga keseimbangan nutrisinya. So, jangan makan banyak-banyak juga. Oh iya, dianjurkan buat ibu hamil untuk ga makan durian dulu saat mengandung. Why? Karena durian punya kandungan alhohol yang tinggi sehingga menyebabkan panas pada janin dalam tubuh.

At last, habis baca artikel ini, pasti kepengen ya makan durian. Cussss makan rame-rame dah durian kupas, es durian n pancake durian dari Durian Premium ;)
 
Dapetin vouchernya di :

-          Durian kupas -> http://ow.ly/4qAA304gKyU

-          Pancake durian -> http://ow.ly/GKLB304gKYs
-          Es krim durian -> http://ow.ly/1iVN304gL0s

Photo Cover Source : duriangarden.com

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar