Lakukan 8 Hal Ini Untuk Atasi Rasa Jenuh di Kantor!

Lakukan 8 Hal Ini Untuk Atasi Rasa Jenuh di Kantor!



Buat sobat Evouchers yang udah bekerja, pasti pernah bosan dong dengan kehidupan ngantor? Pulang rumah udah malem, pagi-pagi harus berangkat lagi. Selama 5/6 hari menghabiskan waktu kurang lebih 9-10 jam di tempat kerja pasti ga luput dari kejenuhan. So, mengingat sebagian besar waktu dipakai untuk ngantor, ga ada salahnya kalau kita coba untuk menikmati masa-masa ngantor itu agar ga bosen. Caranya? Monggo simak tips-tips berikut :

1.      Manajemen waktu

Photo Source : micpublishing.co.id
Coba atur waktu saat di kantor, kapan kamu harus mengerjakan ini, kapan kamu harus mengerjakan itu. Hal ini berguna agar kerjaan ga menumpuk & ga berasa kalau lagi dikejar-kejar deadline. Manajemen waktu ini juga bisa mengingkatkan kamu kapan waktunya bekerja n santai. Waktu santai nantinya bisa kamu pakai untuk hal-hal lain seperti nge-path, jalan-jalan di kantin, nonton drama, dsb.

2.      Tata ulang meja kerja

Photo Source : @joandjudy
Penataan ulang meja bisa membawa suasana baru di tempat kerja. Kalau yang mejanya banyak tumpukan berkas-berkas/file, coba disusun rapi biar ga kelihatan berantakan & bikin males duluan. Lebih bagus kalau kamu bisa menyusun ulang barang-barang di meja kerja / mengurangi barang-barang yang dirasa ga perlu n bikin meja penuh.

3.      Dekor meja kerja

Photo Source : @ns.sorellastories
Suasana tempat kerja yang redup dan minim warna bisa jadi salah satu penyebab kita males dan ngantuk waktu bekerja. Kamu bisa coba menambahkan hiasan-hiasan di meja seperti pot dan bunga palsu yang full colour, miniatur, mug, ataupun bingkai foto. Kalau mau lebih segar, gunakan wallpaper berwarna yang bisa mencerahkan lingkungan kerja kamu.  

4.      Bangun hubungan baik dengan bos & rekan kerja

Photo Source : namhm.com
Kalau kamu punya hubungan baik dengan atasan atau teman sekantor, kamu pasti akan menikmati suasana kerja kamu. Gimana enggak? Kamu menghabiskan 9-10 jam bersama mereka setiap harinya. Asal kamu tau saja, punya masalah dengan bos/rekan kerja bisa menjadi salah satu akibat kamu stress dan ga enjoy di kantor.

5.      Olahraga waktu weekend/sepulang dari kantor

Photo Source : theodysseyonline.com
Percaya ga percaya, olahraga bisa membantu kamu melepaskan ketegangan di kantor. Sebagai gantinya, kamu mendapatkan rasa rileks dan bugar yang bisa jadi modal kamu untuk bekerja lebih semangat keesokan harinya.

6.      Relaksasi
Relaksasi otot sangat efektif buat kamu yang sering pegel, cape, dan mengantuk di tempat kerja. Coba lakukan 5 langkah light stretching ini :
a.       Warm Up
Sambil duduk di kursi, lakukan perengangan pada jari, kemudian buat gerakan melingkar pada pergelangan tangan & kaki. Lanjutkan dengan perengangan otot leher dengan menarik kepala kamu kebawah, ke arah dada dengan perlahan.
b.       Side Neck Stretches
Duduk dengan posisi tubuh tegak, miringkan leher ke arah pundak secara perlahan  (sejauh yang kamu bisa), tahan 10 detik, lalu kembalikan ke posisi semula dan lakukan beganti sisi.
c.       Shoulder Shrug
Duduk dengan tegak, angkat pundak ke atas hingga dekat telinga, dan tahan 3-5 detik. Turunkan kembali ke posisi semula, kemudian ulang sebanyak 3-4 kali.
d.       Back Side Stretch
Duduk dengan tegak, kemudian angkat kedua tangan lurus ke atas dengan kedua telapak tamham saling kaitan.Miringkan tubuh ke arah kiri secara perlahan sampai kamu merasakan perenggangan pada otot punggung. Kembali ke posisi semula, lalu lakukan gerakan serupa di sisi kanan.
e.       Leg Lift
Duduk tegak di bagian ujung kursi, lalu angkat kaki kanan dari lantai dan tahan. Pastikan posisi kaki tetap lurus saat diangkat. Turunkan kaki dan ulangi pergerakan dengan kaki kiri kamu.

7.      Terapi Musik

Photo Source : blog.idrsolutions.com
Sambil bekerja sambil mendengarkan lagu sangat efektif buat kamu yang kepengen melewatin hari kerja dengan cepat. 1 lagu berdurasi kurang lebih 5 menit, itu artinya setelah mendengarkan 12 lagu, kamu sudah berhasil melewati 1 jam. Selain itu, dengan adanya musik/lagu favorit bisa bikin kamu makin semangat bekerja pastinya.

8.      Ngemil

Photo Source : vemale.com
Percaya ga percaya, ngemil sambil bekerja bisa bikin otak kamu semakin lancar loh. Semakin lancar otak kamu, kerjaan juga akan lebih cepat selesai & kamu bisa gunakan waktu luang untuk bersantai.

At last, bekerja ga akan membuat kamu jenuh kalau kamu terus tanamkan motivasi dan tujuan kamu untuk bekerja. Bebarengan dengan itu, coba lakukan 8 tips di atas buat hidup ngantor kamu makin semangat! Semoga bermanfaat ;)

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar