GREEN CANYON, Surga Wisata Alam Ini Ada di Indonesia!

GREEN CANYON, Surga Wisata Alam Ini Ada di Indonesia!



Hello, Evoucher Hunters! Pernah kepikiran buat menghabiskan liburan kamu untuk wisata ke surga alam yang menawarkan keindahan seperti yang ada di Grand Canyon Amerika? Ga perlu jauh-jauh sampai kesitu sobat Evoucher, karena di Indonesia juga punya tempat yang ga kalah menariknya sama yang ada di luar negeri! Tempat kece yang satu ini terkenal dengan nama Green Canyon ;)


Photo Souce : greencanyon-bodyrafting.com

Untuk lokasinya sendiri, Green Canyon berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Ciamis, Jawa Barat.
Kamu bisa melihat keindahan alam seperti di film-film Hollywood ketika berkunjung kesini. Green Canyon sendiri diapit oleh bukit-bukit. Kamu akan disuguhi dengan pemandangan aliran sungai Cijulang yang melintas menembus gua, didukung dengan bebatuan dan pepohonan rimbun yang membuat kamu serasa menyatu dengan alam.

Sesampainya disini, kamu bisa berenang sepuasnya di hamparan kolam air bewarna hijau tosca yang membentang cukup panjang. Lebih asiknya lagi, kamu bakalan berenang bebarengan dengan arus air terjun! Kalau kepengen menyelam, bisa aja kok kamu bawa alat selam sendiri. Di bawah air, Green Canyon akan manjain mata kamu dengan keindahan warna warni ikan di dasar lubuk serta menantangmu dengan cekungan-cekungan kolam yang bisa kamu telusuri.

Photo Souce : gogreencanyon.com
Salah satu kegiatan yang paling disenangin sama wisatawan yang datang adalah Body Rafting. Untuk bisa menikmati fasilitas ini, harus membayar sekitar 150 hingga 250 ribu rupiah. Harganya lumayan tinggi, namun kamu tidak hanya bisa menikmati sensasi berenang di perairan jernih, tapi juga bisa nantengin diri kamu buat lompat dari tebing dengan ketinggian hingga 9 meter. Ga ketinggalan, kamu juga bisa trekking loh melewatin bebatuan di kawasan tersebut.

Photo Souce : @aswan_bae

Persiapan
Sebelum kamu memutuskan untuk datang ke Green Canyon, kamu perlu tau kapan saat yang tepat untuk menikmati suasana max dari Green Canyon. The best time untuk kesini adalah beberapa hari setelah masuk musim kemarau. Kalau kamu datang di saat musim hujan, kemungkinan besar kamu akan dihadapi dengan aliran sungai yang deras sehingga mengkontaminasi airnya menjadi warna cokelat.  

Kalau udah memutuskan waktu yang tepat buat datang kesini, lebih baik siapkan uang tunai yang cukup. Jangan mengandalkan uang yang disimpan di dalam bank karena kamu ga akan menemukan ATM di daerah sana. Kecuali jika kamu menuju Pangandaran dan menemukan tempat penginapan dengan akomodasi yang lengkap, kamu bisa menarik uang di ATM yang tersedia disana.


Rute ke Green Canyon

Untuk bisa sampai di primadona wisata ini terbilang cukup mudah. Jika sobat Evoucher berangkat dari Jakarta atau Bandung, bisa mengikuti rute arah menuju Jawa Tengah dengan melalui Kota Tasik – Ciamis – Kota Banjar – Pangandaran.

Buat yang berangkat dari Jawa Timur, kamu harus menuju arah Jawa Tengah terlebih dahulu, kemudian melanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur menuju Jawa Barat (ikuti jalur arah Purworejo – Kebumen – Wangon – Banjar – Pangandaran – Ciamis).


Menuju Lokasi

Untuk sampai kesini, kamu harus berangkat dari dermaga Ciseureuh menggunakan perahu tempel atau perahu kayu yang telah disediakan disana. 1 perahu dapat menampung maksimal 5 orang dengan tarif 75.000 rupiah per orang. Perjalanan akan membutuhkan waktu kurang lebih 30 – 45 menit. *Oh iya, perlu kamu ingat, perahu beroperasi mulai pukul 7.30 pagi sampai 16.00 sore. Selama perahu membawamu ke tempat tujuan sejauh 3 km, kamu bisa menikmati kesejukan angin sungai sembari ngemil snack kecil-kecilan. Hehe..

Photo Souce : @bintangfelix99
Setelah kamu menemukan jeram dengan alur sempit yang sulit untuk dilewati, itu tandanya kamu telah tiba di mulut Green Canyon. Disinilah perjalanan kamu dimulai, kamu kudu melanjutkan perjalanan keatas dengan berenang atau merayap di tepi batu. Buat yang pengen berenang tapi takut tenggelam, tenang aja karena disini udah menyediakan ban dan pelampung. So, gak perlu khawatir soal urusan keselamatan karena dijamin aman.

Photo Souce : @daudfrans


Photo Souce : @imstours
Selama perjalanan, kamu bakalan terus ditantang dengan cekungan dinding terjal di kanan kiri aliran sungai. Serasa masuk kedalam film-film Hollywood, kamu bisa secara langsung melihat keindahan dinding-dinding dengan bentuk yang menyerupai gua dengan atap yg udah runtuh dalam jarak yang dekat. Jika terus menelusuri alur dalam jarak beberapa ratus meter, kamu akan menemukan beberapa air terjun mini. Enggak hanya itu, di ujung jalan kamu bisa melihat gua yang didalamnya dihuni oleh banyak kelelawar. Di atas lembah dan jurang Green Canyon, ada juga jembatan dari tanah yang biasanya digunakan oleh petani sekitar untuk menyeberang ke kebun mereka.

Photo Souce : @imstours

Photo Souce : @0ceane_mts

Makanan
Sebaiknya kamu membawa bekal sendiri dari rumah agar tidak repot mencari lokasi penjual makanan. Bisa aja menemukan penjual makanan, tapi kamu harus berjalan balik ke tempat parkir di depan pintu masuk. Disana ada jajaran rumah makan Sunda, seafood, dan gerobak-gerobak penjual bubur, bakso, etc.


Tempat Inap
Jika Evoucher Hunters berminat untuk bermalam di Green Canyon, kamu bisa memilih untuk inap di hotel maupun homestay/penginapan. [Cek link : http://www.gogreencanyon.com atau http://www.greencanyon-bodyrafting.com/]

Photo Souce : gogreencanyon.com

Tips
Berikut tips-tips untuk berwisata di Green Canyon :
1.      Kudu bawa pakaian ganti dan handuk, since kamu bakalan terus berinteraksi dengan air disini.
2.      Bawa tas khusus/plastik anti air buat melindungi gadget-gadget kamu seperti kamera n hp. Kalau udah sampai disini, sayang banget kalau ga foto-foto.
3.      Bawa uang tunai yang mencukupi ya. Disini kamu ga bisa nemuin ATM soalnya.
4.      Pakai sandal anti slip karena kamu bakal sering jalan-jalan di atas bebatuan yang licin.
5.      Bawa bekal dan snack dari rumah biar ga repot bolak balik pintu masuk buat makan.   
 

At last, kalau kamu udah datang ke objek wisata ini kudu ikut jaga kebersihan ya! Ga hanya di Green Canyon, tapi juga di tempat wisata lainnya. So, happy weekend, sobat Evoucher! Kalau tertarik buat jalan-jalan, kesini yaa... :) 

 

 

Tags :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar