BAHAYA TIDUR LEWAT JAM 11 MALAM!!!

BAHAYA TIDUR LEWAT JAM 11 MALAM!!!



Salam begadang, sobat Evoucher!

Buat kamu yang hobi begadang, pasti tau kan sebenarnya kebiasaan ini membawa dampak buruk bagi kesehatan? Sering kali kita suka menunda-nunda waktu tidur karena alasan nanggung. Terutama buat movie marathoners, gamers, sama SKS-ers yang kalau udah mulai tuh aktivitas rutinnya, ga rela buat di setopin.

Tapi apa kamu sadar, apa aja organ dalam tubuh kamu yang keganggu dan alhasil bisa membawa efek buruk untuk kamu? Mungkin buat sekarang efeknya hanya sekedar ngantuk-ngantuk. Tapi kalau umur sudah semakin bertambah, resikonya juga akan semakin terasa. 

Organ dalam tubuh akan mulai bekerja saat pukul 9 hingga 11 malam. Jadi alangkah baiknya bila kamu sudah beristirahat atau sekedar merilekskan pikiran maksimal di jam 11. Dikutip dari Medical Daily, inilah beberapa resiko yang akan kamu dapatkan bila tidur larut terus menerus di atas jam 11 malam.  

1.      Kondisi fisik & mental memburuk
Photo Source : klikdokter.com
Karena jam biologis terganggu, kondisi fisik dan mental akan terganggu. Siklus jam biologis :
-          21.00 – 23.00
Jam piket organ limpa sedang lemah. Di jam ini, organ melakukan proses pembuangan racun & regenerasi sel limpa. Sangat dianjurkan untuk beristirahat di jam ini. Entah itu sekedar berbaring di kasur sambil mendengarkan musik, atau tidur.
-          23.00 – 01.00
Jam piket organ jantung sedang lemah. Di jam ini, kantong empedu sedang bertugas mengeluarkan cairan untuk pencernaan. Bila kamu belum tidur di jam ini, kantong empedu tidak akan berfungsi maksimal dalam memproduksi cairan dan imbasnya juga akan melemahkan fungsi jantung.
-          01.00 – 03.00
Jam piket organ hati sedang kuat. Di jam ini, proses pembuangan racun/limbah hasil metabolisme berfungsi secara maksimal. Pada proses ini, organ hati membutuhkan banyak darah untuk menjalankan fungsinya. Hal inilah yang membuat kita terkadang merasa sangat ngantuk di jam-jam ini.
-          03.00 – 05.00
Jam piket organ paru-paru sedang kuat. Di jam ini, paru-paru melakukan proses pembuangan limbah/racun. Sangat dianjurkan untuk berolahraga setelah bangun tidur agar paru-paru berfungsi secara maksimal.

Bila kamu tidur diatas jam 11 malam, organ-organ ini tidak bisa berfungsi maksimal dan akhirnya merembes pada kinerja otak. Otak akan mengalami kesulitan membagi tugas dalam mengontrol aktivitas organ dan mengakibatkan jam biologis menjadi kacau. Jika jam biologis ini kacau, maka akan berpengaruh pada kondisi fisik & mental kamu. Dampak buruknya adalah : konsentrasi menurun, resiko kecelakaan kerja naik, rasa ngantuk yang parah saat bekerja/belajar, daya kreativitas & daya pikir menurun. Sampai pada dampak terburuknya adalah kerusakan hati! Hmm..

2.      Insomnia
Photo Source : plus.google.com
Jam biologis kamu udah terlanjur kacau gara-gara sering tidur lewat dari jam 11. Kalaupun kamu mencoba untuk tidur lebih awal, tubuh akan tetap bugar walaupun sudah lewat tengah malam. Imbasnya, kamu akan tetap melek sampai pagi menjelang & terpaksa untuk menjalani aktivitas di pagi harinya. Tubuh kamu kemungkinan besar lemes waktu bangun karena ga memenuhi jatah tidur yang dianjurkan sekitar 6-7 jam perhari.

3.      Produktivitas menurun
Photo Source : suararakyatindonesia.org
Untuk mempertahankan kemampuan, kinerja, produktivitas dan kreativitas kamu, tidur yang cukup adalah faktor utama! Tidur sesuai dengan batas waktu yang dianjurkan akan membantu kamu dalam mengontrol suasana hati serta emosi. Kalau kamu ingin punya kualitas hidup yang baik & terhindar dari stress, usahakan untuk menghindari begadang terlebih dahulu.   

4.      Sakit kepala
Photo Source : vemale.com
Keseringan kurang tidur bisa berdampak pada rusaknya sel otak dan menimbulkan gangguan di kepala seperti pusing atau sakit kepala. Hal ini dikarenakan otak kurang mendapatkan waktu istirahat dan dipaksa untuk bekerja.  

5.      Gampang sakit
 Photo Source : merdeka.com
Kalau kamu terus-terusan tidur larut, tubuh akan rentam terkena infeksi. Hal ini bisa terjadi karena kamu melewati proses detoksifikasi pada kelenjar getah bening yang harusnya terjadi pada jam 9 hingga 11.

6.      Mempengaruhi kesuburan
Photo Source : ahlinyaobatherbal.com
Untuk ladies, begadang bisa mempengaruhi sekresi hormon dan kualitas ovum yang cenderung mempengaruhi siklus menstruasi. Untuk pria, kekurangan tidur bisa berdampak pada penurunan kualitas dan kuantitas sperma.

7.      Mengganggu penampilan
Photo Source : skin.co.id
Kurang tidur bisa mengakibatkan kulit kusam, pucat, mata bengkak, garis-garis halus di wajah, dan lingkaran hitam di mata. Tubuh orang yang kurang tidur akan lebih banyak melepas hormon stress/kortisol. Kortisol yang dilepas secara berlebihan akan memecah kolagen kulit (protein yang menjaga kulit tetap halus). Bisa dibayangkan mungkin kalau kita kurang tidur akan lebih terlihat seperti zombie dibanding manusia. Hehe...

8.      Resiko penyakit jantung & stroke
Photo Source : ahlikolesterol.com
Gangguan tidur kronis merupakan faktor penyebab terjadinya gangguan fungsi jantung, tekanan darah tinggi, dan stroke. Waktu tidur yang kurang dari 6 jam bisa menyebabkan peradangan pada arteri sehingga beresiko pada penyumbatan pembuluh darah manusia. Selain itu dapat meningkatkan gejala apnea dimana sangat sedikit udara yang masuk ke dalam paru-paru saat tidur melalui hidung/mulut.
9.      Memicu penyakit kanker
Photo Source : medicalnewstoday.com
Hal ini dibuktikan melalui penelitian para ahli di Jepang. Jika jadwal tidur ditunda-tunda, hormon melatonin yang seharusnya diproduksi oleh tubuh akan berkurang jumlahnya. Sedangkan, rendahnya jumlah hormon ini berkaitan erat dengan resiko kanker.
10. Resiko gemuk
Photo Source : foodandwine.com
Pada jam-jam tidur, akan terjadi peningkatan pada hormon ghrelin (perangsang rasa lapar), dan sebaliknya terjadi penurunan hormon leptin (pemberi sinyal kenyang ke otak). Bila kamu sering tidur larut, pasti ada saja hasrat untuk makan sesuatu, entah itu ngemil ataupun makan makanan berat.  
11. Resiko diabetes
Photo Source : patientsengage.com
Menurut riset yang dilakukan oleh University of Chicago di Amerika Serikat, keseimbangan metabolisme tubuh akan terganggu apabila terus-terusan begadang. Kebiasaan ini akan berdampak pada sekresi hormon insulin yang tidak sempurna dan alhasil gula yang harusnya diubah menjadi energi malah menumpuk di dalam darah. Tingginya kadar gula yang terkandung dalam darah inilah yang menyebabkan penyakit diabetes.
12. Alzheimer
Photo Source : consumeraffairs.com
Seorang profesor dari Neurology Washington University mengatakan bahwa kurang tidur bisa meningkatkan resiko penumpukan protein di otak. Hal ini diprediksi bisa menyebabkan kerusakan pada sel otak (bentuk yang ada pada Alzheimer) yang biasanya tertimbun selama 10 hingga 15 tahun.

Udah tau kan resiko-resiko yang bakal kamu hadapin kalau hobi begadangnya terus-terusan dijaga. Kalau kamu bisa tidur lebih awal setiap hari kenapa enggak? Love your body, love yourself ;)

Source : Deherba, Hipwee, HaloSehat

Photo Source : efektips.com
 

Tags :

27 komentar:

  1. Iya gan, itu yg ane rasakan. Oh iya skalian tanya dong gan ane ni paling gk bisa bangt tdur kurang dari jm 1. Gmana ya caranya agar ane bisa trbiasa tdur max kurang dari jm 11.
    Thanks gant.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Dhante.
      Jika mengalami susah tidur kurang dari jam 1, kamu harus coba untuk mengatur ulang pola tidur kamu secara bertahap.
      Misalnya kamu sudah terbiasa tidur jam 1 malam, nah coba keesokan harinya kamu tidur jam 12, selang dua hari kemudian jam 11, begitu seterusnya.

      Penyebab kamu susah tidur di bawah jam 1 bisa jadi karena tubuh kamu udah di-setting dgn pola tidur larut.

      Mungkin Dhante bisa temukan beberapa cara untuk bisa tidur lebih cepat dengan membaca artikel ini -> http://notes.evoucher.co.id/2016/10/susah-tertidur-mungkin-kamu-perlu.html

      Semoga bermanfaat ya.
      Thanks sudah mampir ke halaman Evoucher :)

      Hapus
  2. kalau tuntutan kerjaan gimana. kl kerjaan ga selesai boss bakal marah. kl sudah sering seperti itu bakal dipecat dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.
      Jika karena tuntutan pekerjaan, mungkin kamu bisa coba untuk mengatur schedule kerjaan kamu supaya lebih efektif.
      Atau cari cara untuk mengerjakan kerjaan agar lebih cepat selesai.
      Kalau memang pekerjaannya sudah keterlaluan banyak, kamu bisa coba berunding dengan Bos untuk mengurangi job desc kamu karena alasan kesehatan yg bisa mempengaruhi produktifitas dalam bekerja.

      Semoga bermanfaat ya! Tetap bersemangat :)
      Terima kasih sudah mampir di halaman Evoucher.

      Hapus
  3. Balasan
    1. Hallo.
      Terima kasih ya atas dukungannya.
      Dan trims sudah mampir ke halaman Evoucher :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Hallo.
      Terima kasih ya atas dukungannya.
      Dan trims sudah mampir ke halaman Evoucher :)

      Hapus
  5. kalau tuntutan kerjaan gimana. kl kerjaan ga selesai boss bakal marah. kl sudah sering seperti itu bakal dipecat dah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Inge Lia.
      Jika karena tuntutan pekerjaan, mungkin kamu bisa coba untuk mengatur schedule kerjaan kamu supaya lebih efektif.
      Atau cari cara untuk mengerjakan kerjaan agar lebih cepat selesai.
      Kalau memang pekerjaannya sudah keterlaluan banyak, kamu bisa coba berunding dengan Bos untuk mengurangi job desc kamu karena alasan kesehatan yg bisa mempengaruhi produktifitas dalam bekerja.

      Semoga bermanfaat ya! Tetap bersemangat :)
      Terima kasih sudah mampir di halaman Evoucher.

      Hapus
  6. Jika emang hrs kerja mlm hari, n diganti tidur dipagi hari mpe siang, apa ada dampak buruknya? Spt apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.
      Seperti yang sudah di jelaskan dalam artikel, dampaknya adalah jam biologis tubuh kamu akan terganggu sehingga konsentrasi akan menurun, resiko kecelakaan kerja, mengantuk, daya kreativitas & daya pikir menurun, sampai pada dampak terburuknya adalah kerusakan hati.
      Terimakasih sudah mampir di halaman Evoucher.
      Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  7. Jika emang hrs kerja mlm hari, n diganti tidur dipagi hari mpe siang, apa ada dampak buruknya? Spt apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.
      Seperti yang sudah di jelaskan dalam artikel, dampaknya adalah jam biologis tubuh kamu akan terganggu sehingga konsentrasi akan menurun, resiko kecelakaan kerja, mengantuk, daya kreativitas & daya pikir menurun, sampai pada dampak terburuknya adalah kerusakan hati.
      Terimakasih sudah mampir di halaman Evoucher.
      Semoga bermanfaat ya :)

      Hapus
  8. Artikel yang bagus,dan menambah wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Raffi.
      Thanks sudah mampir di halaman Evoucher.
      Semoga bermanfaat ya.
      Selamat beraktifitas :)

      Hapus
  9. Artikel yang bagus,dan menambah wawasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Raffi.
      Thanks sudah mampir di halaman Evoucher.
      Semoga bermanfaat ya.
      Selamat beraktifitas :)

      Hapus
  10. gw tidu4 di atas jam 3 mulu
    malah kadang jam 9 pagi klo keterusan MMR
    pengen nambah bb, tapi ga bsa bsa
    ngemil makan ga brnti"
    jadi itu point yg menyebabkan gemuk salaaaaahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.
      Resiko gemuk pada orang yang tidur larut disebabkan pada hormon yang merangsang rasa lapar di malam hari, oleh sebab itu akan muncul hasrat bagi orang tersebut untuk makan berat / ngemil dan dampaknya adalah penambahan berat badan.

      Jika kamu makan / ngemil tanpa berhenti, tapi berat badan tidak kunjung bertambah, mungkin bisa jadi karena faktor keturunan atau kinerja metabolisme kamu yang cepat sehingga mau seberapa banyak makanan yang masuk ke tubuh, akan segera dibakar agar menjadi energi.

      Terima kasih sudah mampir ke halaman Evoucher.
      Semoga bermanfaat :)

      Hapus
  11. Gan ane mau nnya gimana caranya biar tidur kurang dari jam 11 ya? Ane slalu ga bsaa tdrr jikaa blom diatas jam 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo.

      Mungkin kamu bisa temukan beberapa cara untuk bisa tidur lebih cepat dengan membaca artikel ini -> http://notes.evoucher.co.id/2016/10/susah-tertidur-mungkin-kamu-perlu.html

      Semoga bermanfaat ya.
      Thanks sudah mampir ke halaman Evoucher :)

      Hapus
  12. Gan ane mau nnya gimana caranya biar tidur kurang dari jam 11 ya? Ane slalu ga bsaa tdrr jikaa blom diatas jam 11

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo Agoes.

      Mungkin kamu bisa temukan beberapa cara untuk bisa tidur lebih cepat dengan membaca artikel ini -> http://notes.evoucher.co.id/2016/10/susah-tertidur-mungkin-kamu-perlu.html

      Semoga bermanfaat ya.
      Thanks sudah mampir ke halaman Evoucher :)

      Hapus
  13. Bohong looo...
    Munafikk...
    Ulma yg gg bnyak tdur kok pda pnde2...
    Munafik loo

    BalasHapus
  14. Itu lah yg aku rasakan sekarang
    sering tidur jam 12 mata jadi memiliki lingkaran hitam dan aq menyesal sekali temen-temen ku
    dah mengang gap aku tua dari mereka
    solusi kk evoucer
    saya paling gk bisa merem saat jam 10

    BalasHapus
  15. bagus banget saran2nya... skalian dong ana mau nanya, ana tuh kalau tidur diatas jam 12, pas bangun paginnya apalagi kalau bangun jam 5 pagi, kok rasanya di dada gak enak banget ya,, seperti ada yang mengganjal di dada dan rasanya gak banget deh.. klu boleh tau itu disebabkan apa ya,,?? dan apa yang harus saya lakukan agar bisa mengatasinya..?? makasih...

    BalasHapus