28 Lokasi Wisata Seru di Malang Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi

28 Lokasi Wisata Seru di Malang Jawa Timur yang wajib kamu kunjungi


Malang merupakan daerah wisata yang wajib kamu explore. Kota yang terletak di Jawa Timur ini menyimpan begitu banyak tempat wisata yang sangat menarik. Yuk simak!



1. Pantai Batu Bengkung
Ingin menikmati sunset oren nan eksotis? Nah, pantai yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat buat kamu yang pengen nikmati suasana hangat sunset. Batu Bengkuang masih terbilang sangat bersih. Jika kamu berkunjung disini, jangan bete kalau melihat papan-papan yang bertuliskan ‘No Swim’. Hal ini untuk meminimalisir resiko tersapu ombak. Mengingat pantai yang satu ini terbentang berhadapan dengan Samudra Hindia, sehingga menghasilkan ombak yang sangat kuat. Namun jangan patah semangat dulu, kamu bisa camping seru-seruan kok di bukit arah barat daya Pantai sambil menikmati pemandangan sunset!
Photo source : @yoiki_malang





2. Jodipan
Ngincar spot buat berselfie ria? Yuk datang ke Jodipan! Tempat ini sebenarnya merupakan salah satu kampung kumuh di daerah Malang. Tapi oleh mahasiswa salah sebuah universitas Malang, disulap menjadi kampung warna-warni yang sekarang sedang hits menjadi sasaran untuk berfoto! Saat ini, jumlah kunjungan di kampung bisa mencapai angka ratusan orang perhari loh! Eits, walaupun tempat ini merupakan kawasan tempat tinggal warga, kamu juga perlu membayar uang masuk sebesar 2 ribu rupuah perorang. Gimana? Murah meriah kan?
Photo source : @imantantowi

 


3. Coban Cinde

Tempat wisata ini cocok buat kamu yang suka dengan kegiatan outbond. Walau masih jarang dikunjungi wisatawan, air terjun ini menyimpan keindahan alam yang luar biasa! Dalam perjalanan menuju Coban Cinde, kamu harus melewati Desa Benjor dan berjalan kaki menuju tempat tujuan. Namun perjalanan kamu ga akan sia-sia karena sembari ditemani oleh pemandangan ladang penduduk, rindangnya hutan pinus, dan tak ketinggalan sungai yang indah.
Photo source : @inna_saadah



4. Pantai Ungapan
Pantai Ungapan berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Letaknya yang berdekatan dengan Pantai Bajulmati membuat pantai ini sering dikunjungi wisatawan.
Jaraknya 64 km dari Kota Malang dan kamu akan butuh waktu 3 jam perjalanan untuk mencapainya. Sebenarnya, pemandangan di pantai ini hampir sama dengan Pantai Bajulmati. Namun, di Pantai Ungapan, kamu akan melihat deretan batu besar di sebelah kanan pantai yang mirip dengan buaya. 

Photo source : nurifitriablog.wordpress.com


5. Coban Watu Talang

Gak beda jauh dengan air terjun lainnya, Coban Watu Talang menawarkan nuansa eksotis dari air terjun pegunungan. Untuk mencapainya tempat ini, kamu bisa menggunakan motor atau mobil sampai di ladang warga setempat, kemudian melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki dan melewati perkebunan sayur, kopi, dan juga hutan.
Photo source : @bendottetapsemangat





6. Pantai Sipelot


Pengen liat pemandangan sunrise diiringi dengan alunan suara air terjun? Mungkin tempat ini bisa menjadi destinasi kamu! Pantai Sipelot akan memberikan kamu sensasi berpetualang di pantai plus air terjun nan indah yang mengalirkan airnya sampai di bibir pantai. Karena pantai ini masih jarang di kunjungi oleh wisatawan, maka kebersihan dan kejernihan airnya masi terjaga.
Setibanya di Pantai Sipelot, kamu akan langsung disuguhi dengan pemandangan ombak yang menawan, air terjun, hamparan pasir putih luas, karang, bebatuan, hingga bukit-bukit hijau di sebelah timur hingga barat. Oh! Hati-hati ya kalau mau berenang di laut, karena kita ga bisa menduga kapan ombak besar akan datang. Tapi jangan kecewa dulu, kamu juga bisa bermain di bawah air terjun setinggi 10 meter. Untuk mencapai air terjun, kamu bisa berjalan kaki menelusuri bukit di sebelah barat. Tapi kalau ga mau repot, langsung saja menyewa perahu milik nelayan untuk menyeberang.
Photo source : @dinda.puspita

 

7. Coban Tundo Loro
Buat kamu yang punya jiwa berpetualan, yuk coba ke Coban Tundu Loro. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati naik turunnya bukit sekitar 10 menit dari Coban Tundo Siji (satu kawasan dengan Tundo Loro). Setelah itu, kamu akan menuruni tangga kira-kira 3 meter untuk bisa sampai di air terjun ini. Sesampainya disana, kamu bebas bermain di kolam yang cukup lebar dengan hamparan air bening kehijauan yang dingin. Kedalaman air di coban ini mencapai 7 meter, jadi bila kamu ingin berenang, kamu bisa menyewa ban dari warga sekitar.
Photo source : @marina_nurul




8. Coban Tundo Telu


Air terjun Tundo Telu letaknya di paling bawah coban-coban lainnya. Dengan kata lain, kamu harus memiliki tenaga dan jiwa berpetualang ekstra untuk bisa sampai di coban ini. Perjalanan kesini cukup terjal, kamu bisa berjalan kaki, bersepeda, atau bisa juga menggunakan kendaraan bermotor. Disini kamu akan disuguhi oleh pemandangan air terjun eksotis dan bebatuan alami yang mempesona. Jangan lupa ya kalau udah sampai disini, abadikan momennya!
Photo source : @adnankusumo




9. Air Terjun Sumber Pitu

Ini nih, pemandangan air terjun yang ga boleh banget kamu lewati jika sedang berwisata ke Kota Malang. Air terjun Sumber Pitu saat ini sedang hangat-hangatnya dibicarakan. Karena keindahannya, para wisatawan sangat antusias untuk berkunjung. Di sini terdapat 7 sumber air terjun yang saling berdekatan menguyur tebing selebar lebih dari 50 meter. Mungkin karena keunikan inilah yang menjadikan Sumber Pitu sebagai destinasi wisata air terfavorit di Malang. Untuk letaknya, air terjun ini berada di wilayah Punjon Malang yang letaknya agak ke barat. Bila ingin kesana, kamu bisa langsung pergi ke dusun Pujon Kidul. Setelah sampai, kamu akan diajak untuk berjalan melewati perkebunan sayur dan hutan sejauh 2 km.
Photo source : @lorenzia_sanjaya



10. Coban Jahe

Begitu banyak air terjun di daerah Malang. Namun jangan melewatkan kesempatan untuk berkunjung kesini ya. Air terjun ini mempunyai arsitektur yang gagah. Kamu bisa menikmati aliran air dari ketinggian 45 meter yang menguyur hamparan kolam. Selain menawarkan rekreasi air yang mempesona, coban Jahe rupanya juga menyimpan sejarah loh. Di kala itu pernah terjadi pertempuran pejuang Indonesia dengan tentara Belanda di area ini.
Untuk mencapai lokasi Coban Jahe, kamu bisa menggunakan kendaraan roda empat menuju Desa Pandansari Lor, Dusun Begawan. Dari gapura, mobil sudah tidak diperkenankan untuk masuk lebih dalam. Dari sana kamu bisa berjalan kaki kurang lebih 7 kilometer untuk sampai di tempat tujuan.
Photo source : maringetrip.com




11. Coban Tundo Siji
Terletak 1 kawasan dengan Coban Tundo Loro dan Coban Tundo Telu, Condo Tundo Siji terletak di bagian atas keduanya. Jadi bila kamu hendak bepergian ke Tundo Loro atau Tundo Telu, kamu akan duluan menemukan Tundo Siji. Kawasan coban-coban ini dikelilingi perkebunan kopi sehingga kamu bisa menikmati bau kopi sembari berjalan. Untuk sampai disini, kamu membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari perkampungan, kemudian dilanjutkan dengan 5 menit berjalan kaki untuk sampai ke TKP.
Photo source : @mohandriprasetyo



12. Coban Manten
Bagi para pendaki gunung, kalau pengen cari sensasi yang baru, kamu bisa coba nih mendaki air terjun. Untuk sampai di Coban Manten, kamu harus melalui trek yang terjal, penuh tanjakan dan semak belukar. Di kawasan ini terdapat 2 coban lainnya, yakni coban Tengah dan coban Rondo. Namun, coban Manten ada di posisi tertinggi dibanding 2 coban lainnya.
Photo source : @ovix_taufik



13. Coban Tengah (Dudo)
Buat pecinta alam, yuk nikmati sensasi alam di ketinggian 50 meter! Coban Tengah atau biasa disebut coban Dudo terletak di antara coban Manten dan coban Rondo. Untuk kesana, kamu perlu berjalan kaki kurang lebih 2 jam melalui jalan setapak dan melewati aliran sungai. Cukup melelahkan, namun kamu akan disuguhi dengan pemandangan alam yang alami di sepanjang jalan.
Photo source : @arifkurniasetyawan



14. Coban Rondo
 Berada di posisi paling bawah, coban Rondo menjadi alternatif paling sempurna bagi kamu yang takut dengan ketinggian. Aliran air yang membasahi tebing di coban Rondo mencapi 84 meter dan berasal dari Lereng Gunung Kami. Tentunya semburan air dari coban Rondo ini sangat menyegarkan.
Photo source : @mrizqillahrusli



15. Coban Talun
Jika kamu sudah sedikit keluar dari Kota Malang, tidak ada salahnya untuk mampir ke Coban Talun yang hanya berjarak 15 km dari Malang. Air terjun ini memiliki ketinggian 75 meter dan dipenuhi pelangi di setiap sudut terjunnya air. Sungguh sayang bila melewatkan pemandangan yang mempesona ini. Untuk sampai di tempat ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi langsung menuju lokasi. Namun bila kamu menggunakan angkutan umum, disana tersedia mini bus dari terminal Landungsari menuju terminal Batu. Darisana, kamu tinggal naik angkutan umum jurusan sumber Brantas. Jangan lupa untuk memberitahu sopir angkot kalau anda akan turun di Coban Talun.
Photo source : @explore_batu



16. Mata Air Sumber Sirah
Suka snorkeling? Jika ya, kamu bisa langsung mengunjung Mata Air Sumber Sirah. Tempat ini merupakan kawasan wisata sumber air tawar dengan kebeningan air yang sangat jernih. Snorkeling adalah pilihan yang tepat buat kamu jika ingin memanjakan mata dengan keindahan ganggang hijau di dasar laut yang mempesona. Lokasi Mata Air Sumber Sirah terletak di Desa Sumber Jaya, Kecamatan Gondanglegi, Malang. Oh iya 1 lagi kelebihan tempat wisata ini, kamu tidak perlu membayar untuk masuk ke kawasan ini.
Photo source : mandiriransel.blogspot.com




17. Permandian Kalireco
Berendam dikolam alami diiringi dengan suara aliran air terjun memang pilihan yang paling tepat untuk bersantai dan merileksasikan pikiran. Mata air Kalireco menawarkan pesona wisata air yang cocok bagi para wisatawan yang pengen melepaskan penat dan menceburkan diri di kolam jernih. Permandian Kalireco terletak di  Sumber Waras, Lawang, kota Malang. Oh ya, buat masuk kesini kamu tidak perlu membayar, tapi tidak ada salahnya memberikan sedikit uang untuk perawatan kolam.
Photo source : @achmidah_zulfiana




18. Teluk Bidadari
Tempat wisata ini disebut-sebut mirip dengan Angel’s Bilabong di Bali. Tempat ini sangat cocok buat kamu yang kepengen menghabiskan waktu di tempat tenang. Tempat ini belum banyak dikunjungi, sehingga kualitas dan kebersihan air masi sangat terjamin. Untuk lokasinya sendiri, Teluk Bidadari terketak di Desa Sumberbening, Kecamatan Bantur, Kota Malang. Yuk segera kesini saat akhir pekan tiba!
Photo source : tamasya.id



19.  Museum Angkut
Ga hanya wisata alam terus yang bakalan kita bahas, buat kamu yang suka dengan koleksi-koleksi bersejarah, yuk ke Museum Angkot. Eits tapi jangan salah dulu, di museum angkut ini punya konsep yang berbeda dari museum-museum pada umumnya. Disini kamu dapat melihat angkutan-angkutan antik sampai dari jaman-jaman doloe yang dipamerkan dari berbagai belahan dunia. Oh iya, tak ketinggalan, mobil yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno juga ada loh disini.
Photo source : wisata.javaindonesia.org



20. Eco Green Park
Yuk ajak keluarga dan anak-anak ke tempat wisata yang satu ini. Eco Green Park menawarkan rekreasi dengan konsep edukasi yang menampilkan kebun binatang mini lengkap dengan informasi seputar pelestarian lingkungan. Disini terdapat wahana-wahana yang pastinya akan membuat kamu ga sadar udah menghabiskan banyak waktu disana. Untuk mengelilingi Eco Green Park, kamu dapat menyewa E-Bike seharga Rp 100.000 untuk 3 jam. So, ga hanya rekreasi aja, anak-anak juga dapat diajarkan betapa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan.
Photo source : @ayugirly09



21. Banyu Anjlok
Ingin menikmati sensasi pantai sekaligus air terjun? Cus mampir ke Banyu Anjlok! Posisi air terjun ini menghadap ke pantai Lenggoksono dan airnya langsung mengalir menuju pantai. Untuk bisa kesini, kamu harus berjalan sekitar 30 menit dari Desa Tirtoyudo. Untuk harga tiket masuk, cukup meroggoh kocek sebesar 5 ribu rupiah.  
Photo source : malang-guidance.com



22. Alun-alun kota Malang
Alun-alun, tempat rekreasi harian yang selalu ada di tiap tengah kota. Buat kamu yang pengen dapet hiburan dekat tanpa mengeluarkan uang sepersen pun, kamu bisa datang ke alun-alun kota Malang ini. Disini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hijau asri dan tarian air mancur. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan burung-burung merpati yang terbang ke sana kemari. Untuk sampai disini, cukup berjalan kaki sejauh 2 KM dari stasiun Kota Baru.  
Photo source : hipwee.com



23. Alun-alun Kota Baru
Ga hanya punya satu alun-alun, dekat dengan kota Malang juga ada Alun-Alun Kota Baru loh. Kalau kamu datang kesini di malam hari, kamu bisa menyaksikan feris wheel dengan lampu-lampu yang menyinari sekitaran kota. Selain itu, ada juga air mancur yang akan menemani kamu bersantai di alun-alun ini.
Photo source : novavilla.files.wordpress.com



24. Omah Kayu
Kepengen posting foto Instagram yang kece and kekinian? Yuk mari dateng aja ke Omah Kayu. Dari sini, kamu bisa menyaksikan keindahan area persawahan dari ketinggian. Tempat ini sebenarnya merupakan penginapan dengan konsep rumah pohon. Sering banget loh tempat ini dijadikan lokasi untuk foto pre-wedding.
Photo source : @indoflashlight



25. Jatim Park 1
Kalau lagi bepergian bareng keluarga dan anak-anak, dari pada binggung, cus aja ke Jatim Park 1. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan saat liburan akhir pekan. Disini terdapat lebih dari 50 wahana seperti play ground, remote car, bioskop 3D, giant swimming pool, dll. Selain wahana permainan, kamu juga bisa ajak anak-anak untuk belajar di Outdoor Science Center, Amazing Human, miniatur candi, dan masih banyak lagi. Untuk jaraknya, memerlukan waktu sekitar 20 km dari Kota Malang.
Photo source : naturalsunrisetour.com



26. Jatim Park 2
Selain Jatim Park 1, ada juga Jatim Park 2 yang bisa kamu jadikan destinasi wisata di akhir pekan. Disini mengusung konsep dekat dengan alam yang cocok bagi para pecinta binatang. Jika kamu sudah sampai disini, kudu dateng ke Batu Secret Zoo. Kamu dapat melihat berbagai koleksi binatang yang didatangkan langsung dari berbagai belahan dunia. Jika ingin menghabiskan waktu bermalam, boleh banget tuh untuk coba nginap di Pohon Inn Hotel. Disitu kamu akan merasakan sensasi tinggal di dalam sebuah pohon.
Photo source : ayuavenue.wordpress.com



27. Batu Night Spectacular
Buat yang bawa pasangan, monggo mampir ke Batu Night Spectacular. Tempat wisata unggulan yang akan memanjakan kamu dengan suasana romantis yang bisa lebih ngedekatin hubungan kamu dengan si dia. Disini kamu akan disajikan dengan wahana-wahana seperti trampolin, tampan lampion, dan ga kalah keren, kamu bisa nikmatin city light kota Malang dengan sepeda terbang!
Selain bisa ngedate, kamu juga bisa kuliner n nongkrong cantik di food court BNS. Ga hanya itu, Banyak oleh-oleh di night market yang bisa kamu borong di sepanjang jalan keluar Batu Night Spectacular. So, yang bawa pasangan gimana kalau weekend kali ini BNS aja? ;)
Photo source : @malang-guidance.com



28. Taman Labirin Coban Rondo
Ga kalah seru, ada taman Labirin di Coban Rondo yang bisa jadi spot kamu buat foto-foto n pamer di Instagram. Selain photogenic, tempat ini juga asyik. Kamu bahkan bisa main petak umpet disini. But, jangan sampai hilang dan tersesat ya. Oh iya, Taman Labirin ini letaknya di Desa Pandansari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang.
Photo source : @rossihermawan


Tunggu apa lagi, readersYuk kita ke Malang!

Tags :

1 komentar:

  1. Inilah kota tempatku lahir dan dibesarkan. Kota kebanggaanku. Kota yg sangat indah dengan sejuta pesona. It's an "all in city". Semua jenis wisata ataupun kuliner yang lezat dan khas ada disini. Walaupun sekarang aku bekerja di luar kota, aku tetap bangga dengan kota Malang.

    BalasHapus